IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD MUHAMMADIYAH KASURAN SEYEGAN SLEMAN

RIA HASTUTI, NIM. 14480083 (2018) IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD MUHAMMADIYAH KASURAN SEYEGAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD MUHAMMADIYAH KASURAN SEYEGAN SLEMAN)
14480083_BAB-1_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD MUHAMMADIYAH KASURAN SEYEGAN SLEMAN)
14480083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Banyak faktor untuk membuat siswa termotivasi dalam belajar dan berprestasi antara lain yaitu dengan memberikan penghargaan (reward) dan memberikan hukuman (punishment). Adanya metode yang sudah diterapkan oleh guru dengan pemberian reward diharapkan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa agar dapat mencapai prestasi yang lebih baik lagi. Program pemberian reward dan punishment yang diterapkan SD Muhammdaiyah Kasuran Seyegan yaitu reward diberikan untuk menghargai prestasi siswa baik prestasi secara akademik maupun non akademik, sedangkan punishment diberikan agar siswa disiplin, hukuman yang diberikan tidak boleh yang bersifat kekerasan fisik. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan deskriptif kualitatif model kualitatif. Penelitian berdasarkan metode kualilatif mencakup masalah deskripsi murni tentang program dan atau pengalaman orang di lingkungan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu keadaan, menggambarkan atau melukiskan implementasi pemberian reward dan punishment di SD Muhammadiyah Kasuran. Hasil penelitian antara lain: proses implementasi reward dan punishment melalui kegiatan perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan diawal tahun pelajaran yang sudah dipersiapkan seperti desain bintang prestasi, desain piagam penghargaan, pedoman kriteria reward, papan prestasi, dan buku rekapitulasi reward siswa. Reward yang diberikan berupa kata-kata pujian, acungan jempol, tepuk tangan, senyuman, anggukan kepala. Punishment yang diberikan guru berupa penundaan istirahat, joget di depan kelas, mengerjakan soal tambahan, bernyanyi, mengerjakan tugas di luar kelas, dan denda. Faktor pendukung pemberian reward dan punishment adalah respon siswa saat menerima atau setelah menerima reward maupun punishment, adanya dukungan guru dan orangtua, sedangkan faktor penghambat kesiapan kelengkapan dalam memberikan reward, keterbatasan waktu karena tugas guru yang banyak, siswa yang kurang menghargai reward dan protes saat diberi punishment. Pemberian reward dan punishment dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa terlihat saat observasi di kelas yaitu adanya ketekunan dalam melaksanakan tugas, sikap ulet siswa, adanya ketertarikan siswa terhadap materi, siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, siswa berusaha megerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nur Hidayat, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Reward dan Punishment, Motivasi belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2019 09:55
Last Modified: 08 Apr 2019 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34401

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum