HUBUNGAN ANTARA SIKAP SOSIAL DENGAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS VB DI SDIT SALSABILA AL-MUTHIIN BANGUNTAPAN BANTUL

NOVA AMALIA RUFAIDA, NIM. 14480087 (2018) HUBUNGAN ANTARA SIKAP SOSIAL DENGAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS VB DI SDIT SALSABILA AL-MUTHIIN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA SIKAP SOSIAL DENGAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS VB DI SDIT SALSABILA AL-MUTHIIN BANGUNTAPAN BANTUL)
14480087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA SIKAP SOSIAL DENGAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS VB DI SDIT SALSABILA AL-MUTHIIN BANGUNTAPAN BANTUL)
14480087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sikap sosial merupakan suatu kecenderungan untuk bertingkah laku terhadap objek sosial yang terbentuk dari adanya interaksi sosial. Menurut pengamatan guru di kelas VB SDIT Salsabila Al-Muthi‟in 7 dari 20 orang peserta didik memiliki sikap sosial yang kurang baik. Sisanya 13 peserta didik memiliki sikap sosial yang baik. Hal tersebut dapat berdampak pada self-efficacy peserta didik. Yang mana self-efficacy merupakan keyakinan atau kepercayaan individu pada kemampuannya sendiri untuk melakukan tugas atau menjalankan perilaku tertentu untuk mencapai tujuan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui seberapa tinggi sikap sosial peserta didik kelas VB di SDIT Salsabila Al-Muthi‟in, (2) mengetahui seberapa tinggi Self-Efficacy peserta didik kelas VB di SDIT Salsabila Al-Muthi‟in, (3) mengetahui hubungan antara sikap sosial dengan Self-Efficacy peserta didik kelas VB di SDIT Salsabila Al-Muthi‟in Metode penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh anggota populasi, yaitu kelas VB dengan jumlah 20 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian uji validitas instrumen sikap sosial peserta didik, dinyatakan 26 pernyataan valid dengan reliabilitas sebesar 0,731. Kemudian uji validitas instrumen self-efficacy peserta didik dinyatakan 18 pernyataan valid dengan reliabilitas 0,750. Variabel X dan Y berdistribusi normal. Hubungan antara variabel X dan variabel Y adalah linier. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara sikap sosial dengan self-efficacy peserta didik kelas VB SD IT Salsabila Al-Muthi‟in. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,698. Sehingga Ha diterima, dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Asnafiyah, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: sikap sosial, self-efficacy
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2019 10:19
Last Modified: 08 Apr 2019 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34405

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum