UPAYA KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER SIKAP DISIPLIN DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

I’ANATUR ROHMAH, NIM. 14480095 (2018) UPAYA KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER SIKAP DISIPLIN DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER SIKAP DISIPLIN DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
14480095_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (UPAYA KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER SIKAP DISIPLIN DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
14480095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu tolak ukur dalam kemajuan suatu negara. Suatu negara dikatakan maju apabila pendidikan merata dikalangan masyarakat untuk mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri. Pendidikan adalah suatu hal yang sangat mendukung dalam pembangunan dan kemajuan suatu negara. Oleh sebab itu harus ada sinegritas antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam mencetak kualitas dan karakter yang tinggi, dan ketiga komponen tersebut harus saling mendukung. Sekolah merupakan salah satu tempat yang paling baik dan stategis dalam penanaman nilai karakter peserta didik, dalam kegiatan belajar mengajar, budaya sekolah, dan kegiatan pengembangan diri. Melalui kebijakan yang baik akan menumbuhkan kedisiplinan dikalangan sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode field research (penelitian lapangan). Subjek penelitian merupakan siswa-siswi SDIT Salsabila Al-Muthi’in, kepala sekolah, guru serta karyawan. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik pengumpilan data menggunakan triangulasi metode peneliti membandingkan berdasarkan hasil observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses upaya kebjakan kepala sekelah dalam mengembangkan karakter disiplin melalui budaya sekolah yang ada disana baik kebudayaan sekolah, budaya kelas, dan budaya ekstrakulikuler. Budaya sekolah meliputi: bersalaman, berdoa, tahfidz, makan siang, shalat dhuha, shalat dhuhur, Jumat sehat, clean shool, pos afektif. Budaya di kelas meliputi: ganjaran dan hukuman, pengintegrasian melalui RPP, literasi dan peraturan kelas. Kedisiplinan dalam budaya ekstrakulikuler dikembangkan melalui ektrakulikuler pramuka dan pencak silat. 2) Faktor pendukung: tenaga pendidik yang mumpuni, peraturan sekolah yang mengembangkan kedisiplinan, kegiatan rutinan yang mendukung kedisiplinan. Faktor penghambat adalah kurangnya keteladanan dari guru dan masih ada anak yang melanggar aturan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Disiplin, Kebijakan Kepala Sekolah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2019 10:57
Last Modified: 08 Apr 2019 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34409

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum