STRATEGI GURU DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA TERHADAP SISWA KELAS 6 DI SD NEGERI KARANGDUKUH JOGONALAN KLATEN

FARHATUN, NIM. 14480108 (2018) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA TERHADAP SISWA KELAS 6 DI SD NEGERI KARANGDUKUH JOGONALAN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA TERHADAP SISWA KELAS 6 DI SD NEGERI KARANGDUKUH JOGONALAN KLATEN)
14480108_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA TERHADAP SISWA KELAS 6 DI SD NEGERI KARANGDUKUH JOGONALAN KLATEN)
14480108_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Strategi guru dalam membina sikap toleransi antar umat beragama siswa kelas 6 di SD Negeri Karangdukuh, Jogonalan, Klaten adalah strategi yang digunakan seluruh guru yang mengajar dikelas 6 SD Negeri Karangdukuh. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui sikap toleransi antar umat beragama siswa kelas di 6 SD Negeri Karangdukuh. (2) Untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh guru dalam membina sikap toleransi antar umat beragama siswa kelas 6 di SD Negeri Karangdukuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Untuk menguji penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode triangulasi. Metode triangulasi terdiri dari metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diambil dari informan yang telah melakukan wawancara dengan penulis, informan terdiri dari seluruh guru yang mengampu dikelas 6 yang terdiri dari guru kelas, guru Bahasa Indonesia, Guru Bahasa Inggris, guru Penjaskes, guru Agama Islam, guru Agama Kristen dan guru Agama Katolik. Indikasi fenomena kualitatif seperti berikut ini: (1) Toleransi antar umat beragama yang ada disekolah dijelaskan pada keseharian siswa; (2) Toleransi antar umat beragama yang ada di SD N 1 Karangdukuh dapat dijelaskan dilingkungan siswa. Adapun Strategi guru dalam membina sikap toleransi antar umat beragama siswa kelas 6 di SD Negeri Karangdukuh meliputi beberapa langkah yaitu (a) Organisasi sekolah sebagai tempat pembinaan sikap, (b) Visi, misi dan tujuan sekolah sebagai pembinaan sikap toleransi beragama (c) Program BTA untuk mendukung pembinaan sikap dan (e) Membangun karakter siswa melalui mata pelajaran PKn. Selanjutnya hasil sikap toleransi antar umat beragama siswa kelas 6 yang penulis teliti antara lain menghargai pendapat teman sekelas, menghormati teman yang berbeda agama dan saling mengerti dan menghormati di lingkungan sekolahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H Sedya Santosa, S.S, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembinaan Sikap, Toleransi Beragama.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:07
Last Modified: 08 Apr 2019 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34425

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum