PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

ARUM ISTIYANI, NIM. 16204010014 (2019) PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
16204010014_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
16204010014_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Pengembangan kompetensi kepemimpinan guru PAI menjadi fokus penelitian ini karena sebagai guru PAI harus mempunyai kreativitas sepiritual.kreativitas ide dan konsep dan sosial yang berbeda dengan guru pada umumnya..Adapun tujuan dari penelitian ini pertama untuk mengetahui keadaan kompetensi kepemimpinan guru PAI di MAN 1 Bantul sebelum atau sesudah proses pengembangan. Kedua, untuk mengetahui tentang upaya yang dilakukan oleh pihak madrasah dan guru pribadi dalam rangka mengembangkan kompetensi kepemimpinan yang dimiliki oleh guru PAI berstatus PNS dan GTT. Ketiga, mengetahui tingkatan pengembangan kompetensi kepemimpinan guru PAI berstatus PNS dan GTT di MAN 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan kulitatif-deskriptif. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi data. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah sumber data yang dikumpulkan secara langsung dari sumber pertanyaan sedangkan sumber data sekunder adalah data yang sudah tersusun dan sudah berbentuk dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)keadaan awal sebelum adanya pengembangan kompetensi kepemimpinan memiliki kelemahan dalam aspek kreativitas spiritual dan konseptual dan mempunyai kelebihan dalam aspek kreativitas sosial (2)upaya pengembangan pihak madrasah serta guru PAI sudah baik seperti adanya perencanan, pelaksanaan dan evaluasi yang berdasarkan pada indikator-indikator yang terdapat dalam kompetensi kepemimpinan(3) kompetensi kepemimpinan yang dimiliki oleh guru PAI di MAN 1 bantul dalam kategori baik iniberdasarkan adanya kemampuan diri seorang guru untuk mengikuti kegiatan di luar madrasah, pelatihan-pelatihan fungsional seperti diklat, MGMP, peer grup, dll. (3) walaupun usaha pengembangan dari kepala madrasah maupun diri pribadi guru dalam kategori baik, tetapi kompetensi kepemimpinan guru PAI baik yang berstatus PNS dan GTT belum mempunyai peningkatan yang signifikan pada aspek kreativitas konseptual. Hal ini disebabkan oleh beberapa kelemahan yang ada pada diri guru PAI baik PNS maupun GTT yaitu pertama lemahnya kemauan yaitu tidak mampu, tidak percaya diri dan merasa rendah diri. Kedua, lemahnya kemampuan terbatasnya pengetahuan keterampilan dan pengalaman. Ketiga, terbatasnya kesempatan, kurangnya kemampuan memenuhi kebutuhan yang diperlukan, sulit berkembang, tidak mampu menggunakan kesempatan dan peluang yang tersedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Usman, SS, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengembang Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI PNS dan GTT
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:59
Last Modified: 08 Apr 2019 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34433

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum