STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI MENGEMBANGKAN POTENSI KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK BERKEPRIBADIAN INTROVERT

FARIDA HIDAYATI, NIM. 16204010016 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI MENGEMBANGKAN POTENSI KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK BERKEPRIBADIAN INTROVERT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI MENGEMBANGKAN POTENSI KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK BERKEPRIBADIAN INTROVERT)
16204010016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI MENGEMBANGKAN POTENSI KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK BERKEPRIBADIAN INTROVERT)
16204010016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Umumnya para tenaga pendidik lebih memperhatikan peserta didik yang ekstrovert dan tidak memperdulikan anak yang introvert, padahal ada banyak kasus anak introvert menempatkan dirinya pada kesepian dan berujung pada depresi berat. Dilain sisi, peserta didik yang introvert memiliki banyak potensi yang harus diarahkan oleh guru. Penelitian ini mengungkap secara deskriptif kualitatif tentang (1) faktor yang menyebabkan peserta didik bersifat introver dalam pembelajaran, (2) pendekatan dan strategi guru dalam memahami peserta didik introver, serta (3) hasil dari penerapan strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan potensi peserta didik introver sebagai bentuk dari keberhasilan penanganan yang bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep, Makassar Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk membangun makna berdasarkan data-data lapangan dengan menggunkan metode pengumpulan data berupa observasi terhadap peserta diidk dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, wawancara dengan kepala sekolah, peserta diidk introvert, dan guru PAI, dan metode yang terakhir adalah dokumentasi tentang catatan keseharian peserta didik serta laporan prestasi belajar peserta didik yang diolah menggunakan triangulasi data kemudian dianalisis menggunakan tiga langkah yaitu melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diketahui bahwa (1) faktor yang menyebabkan peserta didik memilih untuk menjadi seorang yang introver adalah mereka merasa tidak diperhatikan oleh guru yang mengajar, (2) Pendekatan dan strategi yang diterapkan oleh guru untuk mengetahui karakter setiap peserta didik adalah berusaha menjadi teman dan sahabat bagi para peserta didik dan memberikan kesempatan untuk lebih banyak mentransferkan apa yang dia ketahui kepada teman sebayanya (skala kecil) lalu memberikan pelatihan secara berkesinambungan untuk tampil di depan umum, serta (3) hasil dari penerapan strategi ini adalah peserta didik yang introvert mulai percaya diri dan tidak merasa cemas lagi untuk berbicara atau tampil didepan umum. Adapun kontribusi penelitian ini diharapkan seorang guru dapat memberikan materi pelajaran dengan baik dan mudah dipahami oleh peserta didik dan untuk peserta didik lebih mengaktualisasikan dirinya bukan hanya dibidang akademik atau kognitif tetapi juga dibidang psikomotorik, afektif, dan keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Suyadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Introver, Intrapersonal, dan Strategi Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Apr 2019 15:05
Last Modified: 08 Apr 2019 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34434

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum