FAKTOR RISIKO DAN FAKTOR PROTEKTIF PERILAKU BERMASALAH SEBAGAI PEMICU BULLYING VERBAL DI MIN 2 SLEMAN

WILDAN NURIL AHMAD FAUZI, NIM. 14480168 (2018) FAKTOR RISIKO DAN FAKTOR PROTEKTIF PERILAKU BERMASALAH SEBAGAI PEMICU BULLYING VERBAL DI MIN 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR RISIKO DAN FAKTOR PROTEKTIF PERILAKU BERMASALAH SEBAGAI PEMICU BULLYING VERBAL DI MIN 2 SLEMAN)
14480168_BAB I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR RISIKO DAN FAKTOR PROTEKTIF PERILAKU BERMASALAH SEBAGAI PEMICU BULLYING VERBAL DI MIN 2 SLEMAN)
14480168_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Bullying verbal menjadi bentuk bullying yang paling sering terjadi dan muncul pada peserta didik di SD. Bullying verbal adalah bentuk yang paling umum digunakan, baik oleh siswa laki-laki maupun perempuan. Bullying ini mudah dilakukan dan dapat dibisikkan dihadapan orang dewasa serta teman sebaya, tanpa terdeteks. Perilaku bullying pada pelajar terjadi karena banyak faktor, keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sosial bisa menyebabkan peserta didik memiliki perilaku yang kurang baik. Kemudian cara menekan pada perilaku peserta didik dengan faktor protektif yang ditentukan oleh aktivitas. Dari latar belakang tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana Faktor Risiko Perilaku Bermasalah Sebagai Pemicu Bullying Verbal di MIN 2 Sleman. 2) Bagaimana Faktor Protektif Sebagai Pencegah Bullying Verbal di MIN 2 Sleman. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, peserta didik kelas IV dan V, guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang ada. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Penelitian menunjukkan bahwa 1) Faktor Risiko Perilaku Bermasalah Pemicu Bullying Verbal yaitu a) peserta didik memilliki rasa takut dan khawatir terhadap pelajaran yang sulit, b) tingkat percaya diri anak masih rendah dan ada anak yang memiliki rasa inferior dikelas, c) anak merasa malu atas kemampuannya, d) lingkungan yang tidak mendukung, pertama anak mendapatkan pengaruh dari media sosial di lingkungan keluarga, kedua terdapat anak yang memanggil temannya dengan sebutan khusus, ketiga adanya pencontohan bahasa yang kurang baik dari lingkungan masyarakat. 2) Faktor Protektif Pencegah Perilaku Bermasalah melalui Faktor Internal dan Eksternal, Faktor Internal adanya a) terjalinnya kerjasama dan komunikasi melalui program POMG, b) perlunya dukungan dari orang tua, c) meningkatkan rasa religius anak, kemudian Faktor Protektif Eksternal adanya, a) dukungan dari keluarga, b) sekolah memberikan contoh perilaku baik dan adanya psikolog, c) terjalinnya persahabatan antara teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: Faktor Risiko dan Faktor Protektif Perilaku bermasalah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2019 15:49
Last Modified: 08 Apr 2019 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum