PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT: STUDI PEMBERDAYAAN OMAH SALAK DI DUSUN KENTENG, DESA WONOKERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN

Muchlas Fanani, NIM: 11230020 (2019) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT: STUDI PEMBERDAYAAN OMAH SALAK DI DUSUN KENTENG, DESA WONOKERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT: STUDI PEMBERDAYAAN OMAH SALAK DI DUSUN KENTENG, DESA WONOKERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN)
11230020 BAB I-BAB IV DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT: STUDI PEMBERDAYAAN OMAH SALAK DI DUSUN KENTENG, DESA WONOKERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN)
11230020 BAB II-BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Studi Pemberdayaan Omah Salak sebagai berikut: Pertama, tahapan discovery yang dilakukan oleh Omah Salak dilakukan pemetaan dan potensi Kedua, tahapan dream yakni memiliki mimpi dan perencanaan kegiatan untuk membuat sebuah sistem pemasaran Ketiga, tahapan design diwujudkannya dalam bentuk pembinaan terhadap kelompok tani salak Keempat, tahapan define Kelima tahapan destiny dilakukan dengan kegiatan monitoring dan evaluasi. Dengan berbagai tahapan-tahapan tersebut, maka dampak pemberdayaan masyarakat di antaranya: a) Meningkatnya potensi para anggota kelompok tani untuk terus belajar, sambil bekerja. 88 b) Meningkatnya jaringan kerja sama dan informasi melalui jejaring kerja yang lebih luas, dengan cara membagi jejaring kerjasama kepada sesama anggota kelompok. c) Mendorong kemandirian anggota kelompok tani, hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan kepercayaan kepada setiap anggota kelompok untuk mewakili kelompok dalam mengurus bantuan dari luar kelompok dan dapat berperan sebagai pengelola. d) Mendorong tumbuhnya keswadayaan kelompok, dengan mengajak anggota kelompok tani untuk mempelajari dan mencoba sesuatu yang baru, dalam hal ini seperti teknik pertanian. Selain hal itu, peneliti berpendapat bahwa tahapantahapan pemberdayaan ekonomi masyarakat studi pemberdayaan Omah Salak telah sesuai dengan teori Asset Based Community Development (ABCD) yang digunakan. Pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan Omah Salak kepada petani salak dalam memberdayakan anggotanya yaitu dengan cara memberikan penyuluhan pertanian berupa pengetahuan kepada para anggota kelompok tani berkaitan dengan sarana pertanian, teknik pertanian dan pemasaran hasil pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Omah salak, pemberdayaan ekonomi masyarakat
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Apr 2019 09:19
Last Modified: 20 May 2019 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum