KONSEP KEINDAHAN AL-QUR’AN MENURUT MUHYIDDIN AD-DARWIS DALAM KITABI’RĀBUAL-QUR’ĀN AL-KARĪM WA BAYĀNUHU (TINJAUAN ILMU BAYAN)

MAHIN MUQODDAM ASSARWANI, NIM. 11530072 (2018) KONSEP KEINDAHAN AL-QUR’AN MENURUT MUHYIDDIN AD-DARWIS DALAM KITABI’RĀBUAL-QUR’ĀN AL-KARĪM WA BAYĀNUHU (TINJAUAN ILMU BAYAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KEINDAHAN AL-QUR’AN MENURUT MUHYIDDIN AD-DARWIS DALAM KITABI’RĀBUAL-QUR’ĀN AL-KARĪM WA BAYĀNUHU (TINJAUAN ILMU BAYAN))
11530072_BAB I_atau_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KEINDAHAN AL-QUR’AN MENURUT MUHYIDDIN AD-DARWIS DALAM KITABI’RĀBUAL-QUR’ĀN AL-KARĪM WA BAYĀNUHU (TINJAUAN ILMU BAYAN))
11530072_BAB II_SAMPAI_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dalam penulisan membahas tentang Konsep keindahan al-Qur‟an menurut Muhyiddin Ad-Darwis dalam Kitab I’rābu al-Qur’ān al-Karīm wa Bayānuhu,dan urgensinya bagi penafsiran al-Qur‟an, melihat bahwa salah satu mukjizat al- Qur‟an yang paling pokok adalah terletak pada keindahan bahasanya, oleh karena itu menjadi penting untuk mengetahui segi keindahan ayat-ayat al-Qur‟an. Yang menjadi permasalahan adalah, apa hasil dari penafsiran al-Qur‟an menurut Muhyiddin Ad-Darwis dalam kitab I’rābu al-Qur’ān al-Karīm wa Bayānuhudari sudut pandang Balāgah melalui Ilmu Bayān. Pemilihan Kitab I’rābu al-Qur’ān al-Karīm wa Bayānuhu karya Muhyiddin Ad-Darwis adalah karena kitab ini ditulis dengan corak adaby, maksudnya di dalamnya banyak membahas penafsiran ayat-ayat al-Qur‟an berdasar pada unsur Ilmu Bayān, disamping itu, kitab ini merupakan karya ulama Abad Modern yang belum banyak dikaji oleh para peneliti khususnya pada keindahan al-Qur‟an. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode penelitian pustaka (library research), yaitu penulis meneliti kitab I’rābu al- Qur’ān al-Karīm wa Bayānuhusebagai sumber primer dan karya-karya yang lain yang berkaitan dengan konsep keindahan al-Quran, kemudian penulis menggunakan pendekatan ilmu bayān sebagai pisau analisis yang dirasa sesuai dengan penelitian yang dibuat. Berdasarkan penelitian yang menggunakan pendekatan Ilmu Bayāndapat disimpulkan bahwa konsep keindahan al-quran menurut Muhyiddin Ad-Darwis dalam kitab I’rabu al-Qur’an al-Karim wa Bayanuhu dapat dibagi menjadi tiga aspek, yaitu Tasybih, Majaz, dan Isti’aroh yang pada aspek tersebut memiliki nilai keindahan tersendiri. Adapun urgensi ilmu balāgah pada penafsiran al-Quran menurut Muhyiddin Ad-Darwis, bahwa ilmu balāgah berposisi sebagai ilmu yang membantu para mufassir dalam menafsirkan ayat-ayat dalam al-Quran sehingga ayat-ayat yang mengandung unsur balāgah dapat diketahui maksud dari ayat-ayat tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Saifuddin Zuhri, S.Th.I, M.A,
Uncontrolled Keywords: Konsep keindahan al-Qur’an, Muhyiddin Ad-Darwis, Kitab I’rābu al-Qur’ān al-Karīm wa Bayānuhu
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Apr 2019 13:50
Last Modified: 10 Apr 2019 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34472

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum