KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA: KOMPARASI TAFSIR TEMATIK KEMENTERIAN AGAMA RI DAN TAFSIR FI ẒILĀL AL-QUR’ĀN KARYA SAYYID QUTHB

ARIS MUNANDAR, NIM. 11530078 (2018) KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA: KOMPARASI TAFSIR TEMATIK KEMENTERIAN AGAMA RI DAN TAFSIR FI ẒILĀL AL-QUR’ĀN KARYA SAYYID QUTHB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA: KOMPARASI TAFSIR TEMATIK KEMENTERIAN AGAMA RI DAN TAFSIR FI ẒILĀL AL-QUR’ĀN KARYA SAYYID QUTHB)
11530078 _ BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA: KOMPARASI TAFSIR TEMATIK KEMENTERIAN AGAMA RI DAN TAFSIR FI ẒILĀL AL-QUR’ĀN KARYA SAYYID QUTHB)
11530078 _BAB-I_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Indonesia adalah negara plural dengan berbagai budaya yang berbeda-beda. Termasuk perbedaan agama yang dianut oleh warganya. Dengan melihat fakta ini, sangatlah penting mengetahui bagaimana ulama-ulama Kementerian Agama RI menyikapi keberagaman agama di Indonesia. Salah satunya dengan melihat bagaimana mereka menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai tema ini. Komparasi antara Tafsir Tematik Kementerian Agama RI dan Tafsir fi Ẓilāl Al-Qur’ān di sini bertujuan membandingkan penafsiran tersebut dengan penafsiran dari mufassir yang berbeda latar belakang. Hubungan antar umat beragama di Indonesia sendiri menjadi hal yang menarik untuk diteliti, terbukti dengan adanya penelitian-pelitian yang telah dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Di sana disebutkan fakta-fakta bagaimana antar umat beragama tersebut saling berinteraksi. Penelitian ini ingin mengemukakan bagaimana seharusnya menyikapi perbedaan ini, khususnya sebagai muslim, bagaimana seharusnya menyikapi perbedaan agama ini dan bagaimana seharusnya berinteraksi dengan pemeluk agama lain. Penelitian ini akan berusaha menjawab dua rumusan masalah yaitu bagaimana penafsiran atas ayat-ayat tentang kerukunan antar umat beragama dalam Tafsir Tematik Kementerian Agama RI dan Tafsir fi Ẓilāl Al-Qur’ān karya Sayyid Quthb dan bagaimana komparasi penafsiran Kementerian Agama RI dan Sayyid Quthb mengenai tema kerukunan antar umat beragama? Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan Al-Qur’an, Tafsir Tematik Kementerian Agama RI dan Tafsir fi Ẓilāl Al-Qur’ān sebagai sumber data primer serta sumber data sekunder berupa referensireferensi lain yang berkaitan. Adapun untuk mengolah data, metode yang digunakan adalah metode deskriptif-analitik yaitu dengan memaparkan secara komprehensif penafsiran Kementerian Agama RI dan Tafsir Ẓilāl Al-Qur’ān mengenai tema kerukunan antar umat beragama, setelah itu keduanya akan dibandingkan dengan metode komparatif. Komparasi antara Tafsir Tematik Kementerian Agama RI dan Tafsir fi Ẓilāl Al-Qur’ān tentang kerukunan antar umat beragama tidak ditemukan adanya pertentangan. Contoh penafsiran dari kedua tafsir tersebut seperti pendapat mengenai perang yang boleh dilakukan oleh umat Islam, keduanya sependapat bahwa perang hanya boleh dilakukan dengan tujuan devensif untuk melindungi diri, bukan bertujuan ovensif dengan memulai peperangan terhadap orang-orang kafir. Kedua tafsir tersebut juga menjelaskan masalah jihad, batasan dalam berperang, kebebasan beragama dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dadi Nurhaedi, S.Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: kerukunan antar umat beragama, komparasi tafsir tematik, tafsir fi Ẓilāl al-qur’ān,
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:10
Last Modified: 10 Apr 2019 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34474

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum