KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN KAMPUNG BERDAYA DI HOME INDUSTRY KAIN JUMPUTAN DI KAMPUNG CELEBAN, KELURAHAN TAHUNAN, YOGYAKARTA

Muthia Izzati, NIM: 13230031 (2017) KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN KAMPUNG BERDAYA DI HOME INDUSTRY KAIN JUMPUTAN DI KAMPUNG CELEBAN, KELURAHAN TAHUNAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN KAMPUNG BERDAYA DI HOME INDUSTRY KAIN JUMPUTAN DI KAMPUNG CELEBAN, KELURAHAN TAHUNAN, YOGYAKARTA)
13230031 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN KAMPUNG BERDAYA DI HOME INDUSTRY KAIN JUMPUTAN DI KAMPUNG CELEBAN, KELURAHAN TAHUNAN, YOGYAKARTA)
13230031 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Kampung Celeban merupakan Kampung yang terletak di Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Kampung Celeban kini telah ditetapkan sebagai kampung wisata dengan Kain Jumputan yang menjadi icon unggulan yang menegenalkan Kampung Celeban yang melalukan pemberdayaan kampung melalui kreatifitas dari pengrajin kain jumputan Penelitian ini bersifat kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah analisis proses wilayah pembangunan desa wisata, dan dampak yang terjadi bagi pengembangan ekonomi lokal masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap implementasi dan hasil kewirausahaan sosial dalam membangun kampung berdaya di Home Industry Kampung Celeban Kelurahan Tahunan Yogyakarta. Dalam prosesnya sebuah kelompok kecil di Kampung Celeban yang dikenal sebagai Kelompok Jumputan Ibu Sejahtera Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembangunan kampung Celeban, Kelurahan Tahunan menunjukkan masyarakat yang berdaya dengan kewirausahaan sosial yang memanfaatkan keahlian dan kreatifitas dalam memproduksi kain jumputan. Dalam kelompok jumputan Ibu sejahtera ini mampu mengimplementasikan nilai-nilai kewirausahaan sosial dalam pemberdayaan masyarakat di kampung wisata yang dikemas dalam bentuk produk kain jumputan yang terus diproduksi oleh Kelompok Kain Jumputan Ibu Sejahtera. Hasil dari kewirausahaan sosial dalam membangun kampung berdaya di home Industry Kain Jumputan di Kampung Celeban Kelurahan Tahunan Yogyakarta ini menunjukkan peningkatan ekonomi lokal masyarakat terus bertambah dan meningkat ini membuktikan bahwa Kampung Celeban kini menjadi Kampung yang berdaya dalam produksi kain jumputan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Celeban, Tahunan dan sekitarnya melalui implementasi kewirausahaan sosial dalam membangun kampung berdaya di Kampung Celeban, Kelurahan Tahunan, Yogyakarta. Warga yang sebagian besarnya bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga merasa terangkat ekonominya. Kewirausahaan sosial ini sangat menjanjikan adanya kesejahteraan dan pemberdayaan terhadap Kampung Celeban melihat wisatawan yang datang meningkat dari tahun ke tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kewirusahaan Sosial, Kampung Berdaya, Kelompok Jumputan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:19
Last Modified: 10 Apr 2019 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34476

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum