PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA/MA KELAS XI PADA MATERI LIMIT

Fragil Istiyani, NIM.: 13600023 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA/MA KELAS XI PADA MATERI LIMIT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING)
13600023_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING)
13600023_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja siswa dengan pendekatan problem posing yang layak digunakan dalam pembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XI SMA/MA pada materi limit. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan ini adalah model prosedural. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur pengembangan menurut Depdiknas yang diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg and Gall dengan melakukan langkah berikut: (1) Melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 9 SMA N 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian LKS, instrumen tes, lembar angket, lembar validasi instrumen dan instrumen pembelajaran (RPP dan lembar observasi). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik statistikdeskriptif berupa persentase. Kriteria kelayakan yang dimaksud adalah valid, efektif, dan praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS matematika dengan pendekatan problem posing telah memenuhi kriteria kelayakan yang meliputi valid, efektif, dan praktis. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukkan kualitas LKS termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan 86,67% . Efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi limit dengan 5 indikator pemahaman konsep yaitu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya), memberi contoh dan non contoh dari konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representatif matematis, serta menggunakan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Hal ini berdasarkan hasil posttest yang menunjukkan bahwa 70,83% dari banyaknya siswa yang mengikuti posttest memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan KKM. Praktis berdasarkan respon siswa terhadap LKS matematika dengan pendekatan problem posing yang mendapatkan kategori positif dengan persentase 75,43%. Oleh karena itu, LKS matematika dengan pendekatan problem posing untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi limit fungsi aljabar layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKS, Problem Posing, Pemahaman konsep, limit
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Apr 2019 14:16
Last Modified: 13 Nov 2024 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum