IMPLEMENTASI METODE MUSYAWARAH DENGAN PERMAINAN TUSUK GRAMATIKA SEBAGAI PENINGKATAN PEMAHAMAN NAHWU DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI YOGYAKARTA

Merisa, NIM: 13420012 (2019) IMPLEMENTASI METODE MUSYAWARAH DENGAN PERMAINAN TUSUK GRAMATIKA SEBAGAI PENINGKATAN PEMAHAMAN NAHWU DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE MUSYAWARAH DENGAN PERMAINAN TUSUK GRAMATIKA SEBAGAI PENINGKATAN PEMAHAMAN NAHWU DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI YOGYAKARTA)
13420012_BAB-I, BAB-IV, DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE MUSYAWARAH DENGAN PERMAINAN TUSUK GRAMATIKA SEBAGAI PENINGKATAN PEMAHAMAN NAHWU DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI YOGYAKARTA)
13420012_BAB-II_sampai_BAB-IV-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Merisa. 13420012. Implementasi Metode Musyawarah dengan Permainan Tusuk Gramatika Sebagai Peningkatan Pemahaman Nahwu di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Yogyakarta. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang penulisan ini adalah penguasaan santri terkait pengelompokan kata maupun pemahaman nahwu pada kitab Dur ̅sul Fiqhiyyah yang masih kurang, sehingga penulis bermaksud menerapkan metode Musyawarah dengan permainan Tusuk Gramatika agar dapat membantu santri meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan model design eksperimen kuasi (Quasi Eksperimental) yang dilakukan pada kelas eksperimen yang berjumlah 18 santri dan pada kelas kontrol yang berjumlah 15 santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman Nahwu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, tes yang meliputi Pretest dan Posttest serta dokumentasi. Pengaruh penggunaan metode tersebut dapat diketahui dengan cara membandingkan nilai kemampuan awal hasil belajar dan nilai peningkatan hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 16, yang sebelumnya dilakukan uji prasarat analisis. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen 67,666 menjadi 79,888 dan pada kelas kontrol 58,4 menjadi 69,333. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa hasil kelas eksperimen setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Metode Musyawarah dengan permainan tusuk gramatika lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan signifikasi 0,002 dimana lebih kecil daripada 0,05. Sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan pada Independent Sample T Test maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan di antara keduanya. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan kamus tersebut efektif untuk meningkatkan kemampuan kelas eksperimen. Kata kunci: Permainan Tusuk Gramatika, Metode, Pemahaman Nahwu, Musyawarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H.Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Permainan Tusuk Gramatika, Metode, Pemahaman Nahwu, Musyawarah.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 May 2019 11:24
Last Modified: 06 May 2019 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34521

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum