Mas'alah Inna Wa Akhwatuha 'inda Al Shaykh Ibn 'Aqil Wa "uthaimin Fi Sharh Alfiyah Ibn 'Aqil : Dirasah Tahliliyyah Muqaranah Fi Nahw

Muh. Ilham Shohib, NIM. 15110033 (2019) Mas'alah Inna Wa Akhwatuha 'inda Al Shaykh Ibn 'Aqil Wa "uthaimin Fi Sharh Alfiyah Ibn 'Aqil : Dirasah Tahliliyyah Muqaranah Fi Nahw. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Mas'alah Inna Wa Akhwatuha 'inda Al Shaykh Ibn 'Aqil Wa "uthaimin Fi Sharh Alfiyah Ibn 'Aqil : Dirasah Tahliliyyah Muqaranah Fi Nahw)
15110033_BAB 1-atau BAB IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Mas'alah Inna Wa Akhwatuha 'inda Al Shaykh Ibn 'Aqil Wa "uthaimin Fi Sharh Alfiyah Ibn 'Aqil : Dirasah Tahliliyyah Muqaranah Fi Nahw)
15110033_BAB II_sampai_Sebelum-BAB-Terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan perbedaan konsepsi Syaikh Ibnu ‘Aqil dan ‘Utsaimin dalam kedua kitabnya. Dalam ke dua kitab tersebut terdapat perbedaan konsepsi tentang Inna> wa akhwatuha, di antaranya adalah, Wujubu at-tartib bainaha wa baina ismiha, fa>idatu la’alla wa kanna, wujubu kasri hamzatiha, jawazu wajhaini. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah biografi kedua pengarang dan bagaimanakah konsepsi keduanya tentang Inna> wa akhwatuha, apa perbedaan dan persamaan keduanya tentang konsep tersebut, dan bagaimana analisis perbedaan keduanya tentang konsep tersebut? Dalam penelitian tersebut, digunakan metode deskriptif-analiti yang digunakan oleh penulis dalam penelitiannya. Metode tersebut tertujuan untuk menguraikan hasil penelitiannya secara jelas. Adapun tahapan-tahapan penelitiannya yaitu pertama, metode pengumpulan data, yang didapatkan dari buku keduanya dan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara kepustakaan, kedua metode analisis data, dan ketiga metode pemaparan hasil analisis. Kemudian hasil analisisnya dilaporkan dalam bentuk tulisan. Adapun pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan perbandingan antara Syaikh Ibnu ‘Aqil dan Syaikh ‘Utsaimin. Setelah penelitian tersebut dilakukan, penulis menemukan salah satu alasan dari perbedaan keduanya. Dalam hal wujubu at-tartib bainaha wa baina ismiha, Syaikh Ibnu ‘Aqil memperbolehkan ma’mul al-khabar yang berupa z}arf atau majru>r karena keduanya mempunyai sifat Tawassu’, keemudian Syaikh ‘Utsaimin dikenal sebagai hafidz Al-Quran oleh karena itu beliau berpendapat bahwa ada faidah lain dari faidah tasybih dan tarajji untuk Kaanna dan Laalla>. Akan tetapi dalam hal keadaan wajib dibaca inna, Syaikh Ibnu aqil lebih terperinci karena contoh-contohnya terdapat dalam Al-Qur’an meskipun tidak dikenal sebagai hafidz Al-Qur’an. Kata Kunci: Perbandingan, Syarh Alfiyah, Inna> wa akhwatuha>

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Mohammad Pribadi, MA., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Syarh Alfiyah, Inna> wa akhwatuha>
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Apr 2019 07:52
Last Modified: 26 Apr 2019 07:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34539

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum