PERAN HAKIM MEDIASI DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PERCERAIAN (STUDI DI MAJELIS AGAMA ISLAM WILAYAH PATANI THAILAND SELATAN)

MR. HISSAM BUERAHENG, NIM. 13350105 (2018) PERAN HAKIM MEDIASI DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PERCERAIAN (STUDI DI MAJELIS AGAMA ISLAM WILAYAH PATANI THAILAND SELATAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN HAKIM MEDIASI DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PERCERAIAN (STUDI DI MAJELIS AGAMA ISLAM WILAYAH PATANI THAILAND SELATAN))
13350105_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PERAN HAKIM MEDIASI DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PERCERAIAN (STUDI DI MAJELIS AGAMA ISLAM WILAYAH PATANI THAILAND SELATAN))
13350105_BAB-II_SAMPAI-SEBELUM BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Perkawinan merupakan suatu peristiwa penting dalam kehidupan bersama manusia untuk mewujudkan kesatuan rumah tangga yang harmonis. Setiap perkawinan tidak selamanya menjadi indah, adakalanya pernikahan berakhir dengan sebuah perceraian yang dikarenakan timbulnya permasalahanpermasalahan antara kedua belah pihak (suami dan istri). Di dalam amsyarakat Patani sendiri tercatat pada tahun 2017 ada 105 kasus perceraian baik cerai gugat maupun cerai talak. Untuk menyelesaikan sebuah perceraian tersebut maka harus dilakukan melalui mediasi dan pengadilan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informasi yang didapatkan berdasarkan pada pengalaman empiris. Namun untuk melengkapi studi ini, digunakan metode studi pustaka untuk mencari data dan informasi dalam menyempurnakan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peranan Hakim Mediasi Majelis Agama Islam Patani(MAIP) dalam menyelesaikan sengketa perceraian dan apakah peran hakim mediasi sudah sesuai dengan konsep hakam dalam hukum islam. Adapun pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah tema-tema kajian tentang MAIP dalam pelaksanaan hukum perkawinan di masyarakat Wilayah Pattani Thailand Selatan. Aspek-aspek peranan yang dimaksud penulis adalah kedudukan dan tugas MAIP di lembaga keagamaan. Aspek-aspek itu adalah mengadili dan menyelesaikan perkara-perkara yang berkaitan dalam soal perkawinan, perceraian di MAIP. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis kemukakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sejauh ini peranan MAIP melalui hakim mediasi-nya dalam pelaksanaan hukum Islam di bidang perkawinan sangat besar. MAIP merupakan penasehat dan sekaligus pemutus dalam permasalahan perkawinan baik dalam hal akad nikah, perceraian, maupun rujuk. Berdasarkan dari analisis yuridis dan normatif diketahui bahwa hakim mediasi telah melaksanakan peranan mereka sesuai dengan peraturan dan landasan dasar yang berlaku di Patani. Selain itu pelaksanaan mediasi yang dilakukan dapat dikatakan relevan dengan konsep ḥakām dalam hukum islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. MALIK IBRAHIM, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Mediasi Perceraian, Hakim Mediasi, MAI Patani
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Apr 2019 13:21
Last Modified: 12 Apr 2019 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum