ADVOKASI TERHADAP PEREMPUAN DARI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA OLEH BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN MASYARAKAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ratih Agil Saputri, NIM.14250002 (2019) ADVOKASI TERHADAP PEREMPUAN DARI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA OLEH BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN MASYARAKAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ADVOKASI TERHADAP PEREMPUAN DARI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA OLEH BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN MASYARAKAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14250002_SEBELUM-BAB-I_sampai_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ADVOKASI TERHADAP PEREMPUAN DARI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA OLEH BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN MASYARAKAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14250002_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ratih Agil Saputri. Advokasi Terhadap Perempuan dari Kekerasan dalam Rumah Tangga Oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY. Skripsi. Yogyakarta: Program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Kekerasan terhadap perempuan merupakan bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia yang dapat terjadi pada siapa saja, lintas status sosial, ekonomi, dan pendidikan. Salah satu kekerasan yang sering terjadi di masyarakat adalah masalah kekerasan yang dialami oleh perempuan di dalam rumah tangga. Penelitian ini akan menjelaskan mengenai upaya perlindungan perempuan dari kekerasan dalam rumah tangga oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya perlindungan perempuan dari kekerasan dalam rumah tangga serta faktor hambatan dan keberhasilan dalam melakukan upaya tersebut. Penelitian ini menggunakan tinjauan tentang advokasi, tinjauan tentang perlindungan perempuan, dan kekerasan dalam rumah tangga serta penelit ia n lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Adapun subyek dari penelitian ini adalah Kepala Bidang Perlindungan Hak-Hak Perempuan, Kepala Subbidang Kualitas Hidup dan Perlindungan Perempuan, Staf Kualitas Hidup dan Perlindungan Perempuan dan korban yang mendapatkan pelayanan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY. Rumusan masalah yang ditelit i adalah bagaimana upaya advokasi terhadap perempuan dari kekerasan dalam rumah tangga, apa yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam advokasi terhadap perempuan dari kekersan dalam rumah tangga. pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data menggunaka n deskriptif kualitatif, yakni data yang sudah diperoleh kemudian disusun dan diklarifikasikan sehingga dapat menjadi rumusan masalah di diatas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan advokasi terhadap perempuan dari kekerasan dalam rumah tangga memerlukan sejumlah upaya yang terbagi menjadi dua yaitu advokasi litigasi yang mencakup membentuk perangkat layanan dan advokasi non litigasi yang mencakup kampanye, seminar, dan memperkuat aspek legal. Serta terdapat faktor penghambat dan pendukung selama menjalankan upaya advokasi terhadap perempuan dari kekerasan dalam rumah tangga oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY. Kata Kunci :Advokasi , Perempuan, Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq MA, BSW, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Advokasi , Perempuan, Kekerasan Dalam Rumah Tangga.
Subjects: Advokasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Apr 2019 08:41
Last Modified: 24 Apr 2019 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34567

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum