ANALISIS PERBANDINGAN DAYA SAING DAN DETERMINAN EKSPOR CRUDE PALM OIL (CPO) ANTARA INDONESIA DAN MALAYSIA TAHUN 1989-2017

FERANI PERDANA ISMANINGRUM, NIM: 13810105 (2018) ANALISIS PERBANDINGAN DAYA SAING DAN DETERMINAN EKSPOR CRUDE PALM OIL (CPO) ANTARA INDONESIA DAN MALAYSIA TAHUN 1989-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBANDINGAN DAYA SAING DAN DETERMINAN EKSPOR CRUDE PALM OIL (CPO) ANTARA INDONESIA DAN MALAYSIA TAHUN 1989-2017)
13810105_BAB-1_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBANDINGAN DAYA SAING DAN DETERMINAN EKSPOR CRUDE PALM OIL (CPO) ANTARA INDONESIA DAN MALAYSIA TAHUN 1989-2017)
13810105_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis perbandingan daya saing komoditi CPO antara Indonesia dan Malaysia di pasar internasional. Serta melakukan analisis determinan ekspor CPO dengan menggunakan variabel Gross Domestic Product (GDP), harga, kurs dan produksi sebagai variabel yang mempengaruhi ekspor CPO baik Indonesia atau pun Malaysia. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan data time series dimulai dari tahun 1989 sampai dengan tahun 2017. Metode analisis untuk menganalisis daya saing antara Indonesia dan Malaysia yaitu menggunakan Indek Revealed Comparative Advantage (RCA). Sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis determinan ekspor CPO di Indonesia dan Malaysia adalah menggunakan analisis Error Correction Model (ECM) dimana bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel ekspor CPO Indonesia dan Malaysia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel GDP berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ekspor CPO Indonesia dalam jangka panjang mau pun pendek. Sedangkan variabel GDP berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ekspor CPO Malaysia dalam jangka panjang, namun variabel GDP berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ekspor CPO Malaysia dalam jangka pendek. Dimana variabel kurs mendapatkan hasil yang sama dengan variabel GDP. Kemudian pada variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ekspor CPO Indonesia dalam jangka panjang atau pun pendek, sedangkan harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ekspor CPO Malaysia dalam jangka panjang dan variabel harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ekspor CPO Malaysia dalam jangka pendek. Pada variabel produksi dalam jangka panjang mau pun pendek berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspor CPO Indonesia dan Malaysia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muh. Rudi Nugroho, S.E, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Gross Domestic Product, Harga, Kurs, Produksi, Ekspor Crude Palm Oil, Revealed Comparative Advantage, Error Correction Model
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Apr 2019 14:47
Last Modified: 12 Apr 2019 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34570

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum