PENGARUH LAGU DANGDUT TERHADAP TINDAKAN SOSIAL ANAK-ANAK (STUDI KASUS ANAK-ANAK DI PADUKUHAN BUNDER 3, DESA BANARAN, KECAMATAN GALUR, KABUPATEN KULON PROGO)

AULIA DWI ANITASARI, NIM. 14540011 (2018) PENGARUH LAGU DANGDUT TERHADAP TINDAKAN SOSIAL ANAK-ANAK (STUDI KASUS ANAK-ANAK DI PADUKUHAN BUNDER 3, DESA BANARAN, KECAMATAN GALUR, KABUPATEN KULON PROGO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LAGU DANGDUT TERHADAP TINDAKAN SOSIAL ANAK-ANAK (STUDI KASUS ANAK-ANAK DI PADUKUHAN BUNDER 3, DESA BANARAN, KECAMATAN GALUR, KABUPATEN KULON PROGO))
14540011_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LAGU DANGDUT TERHADAP TINDAKAN SOSIAL ANAK-ANAK (STUDI KASUS ANAK-ANAK DI PADUKUHAN BUNDER 3, DESA BANARAN, KECAMATAN GALUR, KABUPATEN KULON PROGO))
14540011_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dangdut merupakan musikdengan ciri khas tabuhan gendang. Musik dangdut dapat mempengaruhi perilaku seseorang terhadap objek atau subjek yang dituju, sehingga dalam hal ini, banyak peneliti yang mencari penyebab mereka tertarik dan menyukai lagu dangdut. Banyak pandangan, yang menilai lagu dangdut sebagai dampak perilaku negatif individu itu sendiri. Mulai dari pakaian yang dikenakan, perilaku yang tidak pantas sampai padabahasadan gaya berbicaranya. Hal-hal seperti ini, selalu menjadi topik yang menarik untuk diuraikan sebab mempengaruhi kehidupan orang-orang di sekitarnya juga. Penelitian ini dilaksanakan di Padukuhan Bunder 3, Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan perilaku sosial dengan jenis penelitian kualitatif yang bersifat partisipatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang didapat dari penelitian ini adalah data yang didapat secara langsung dari sumber aslinya yang dijadikan narasumber dalam penelitian, seperti mewawancarai Kepala Dukuh Padukuhan Bunder 3, dan beberapa warga Padukuhan Bunder 3. Data ini diperoleh langsung dari tempat penelitian lapangan untuk memahami fenomena-fenomena di lingkungan keseharian anak-anak tersebut. Sementara, data sekunder diperoleh dari perpustakaan atau mencari jurnal-jurnal di internet. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa lagu dangdut sudah dianggap menjadi hiburan masyarakat Padukuhan Bunder sejak dahulu. Lagu dangdut ini biasanya diisi sebagai pelengkap acara. Akan tetapi, dampak yang ditimbulkan dari lagu dangdut terhadap tindakan sosial anak-anak, masyarakat Padukuhan Bunder 3 kurang memahami. Oleh karena itu, walaupun masyarakat Padukuhan Bunder 3 dikenal sebagai masyarakat agamis dan sudah rutin melaksanakan kegiatan keagamaan sehari-hari tetapi, lingkungan belajar agama untuk anak-anak belum mendukung menyebabkan anak-anak malas untuk mengikuti kegiatan keagamaan dan lebih menyukai melihat acara dangdut, sehingga, terjadi pergeseran perilaku anak-anak terhadap kebiasaan-kebiasaan yang telah diajarkan sejak kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Adib Sofia, S.S, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Lagu Dangdut, Perilaku, Agama
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Apr 2019 14:40
Last Modified: 16 Apr 2019 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34653

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum