PANJI SUKMONO, NIM. 14540025 (2018) MOTIF SOSIAL JAMAAH MUJAHADAH DZIKRUL GHOFILIN DI DESA SEGOROYOSO PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MOTIF SOSIAL JAMAAH MUJAHADAH DZIKRUL GHOFILIN DI DESA SEGOROYOSO PLERET BANTUL)
14540025__BAB I_BAB V.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
Text (MOTIF SOSIAL JAMAAH MUJAHADAH DZIKRUL GHOFILIN DI DESA SEGOROYOSO PLERET BANTUL)
14540025_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Ritual agama adalah salah satu cara untuk membuktikan bahwa manusia mempunyai sesembahan dan ingin selalu mendekatkan diri kepada sang penciptanya. Salah satunya adalah dengan cara bermujahadah atau berdzikir mengingat Tuhannya. Kaum Nahdliyim sudah tidak asing lagi dengan acara mujahadah terlebih lagi Mujahadah Dzikrul Ghofilin yang dipeloporu ulama atau tokoh NU kharismatik yang bernama K. H. Khamim Djazuli (Gus Miek) dari Kediri, Jawa Timur. Tersebarnya amaliyah Mujahadah Dzikrul Ghofilin sampai ke luar kota di Pulau Jawa khususnya Desa Segoroyoso yang berada di Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tidak ketinggalan ikut mengamalkan ritual doa Mujahadah Dzikrul Ghofilin yang diadakan setiap malam Senin Wage yang dalam hitungan kalender Jawa setiap 35 hari sekali di sekitar Desa Segoroyoso atau tepatnya sebelah timur Sungai Opak. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Obyek material dari penelitian ini adalah jamaah Mujahadah Dzikrul Ghofilin di Desa Segoroyoso. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teori yang digunakan adalah teori motif sosial sosiogenetis, biogenetis dan teogenetis. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan motif jamaah dalam mengikuti Mujahadah Dzikrul Ghofilin di Desa Segoroyoso terdiri dari motif biogenetis yaitu, motif mencari kebutuhan hidup dengan mencari makanan, rejeki, dan jodoh. Motif sosiogenetis yaitu, motif untuk bergaul di lingkungan masyarakat dan mempererat tali silaturahmi. Motif teogenetis yaitu, menambah keimanan, mendekatkan diri, dan bermunajat kepada Allah. Adapun dampak yang ditimbulkan dari sisi aspek sosial yaitu, bertambahanya solidaritas sosial, dampak ekonomi menambah pemasukan keuangan, dampak psikologi ketentraman hati, dampak religius semakin meningkat intensitas jamaah dalam beribadah kepada Allah. Seharusnya para jamaah membersihkan hatinya serta meninggalkan sejenak urusan duniawi untuk berzuhud kepada Tuhannya. Sehingga tujuan dari Mujahadah Dzikrul Ghofilin tercapai yaitu, kumpul bersama orang-orang yang sedang mengingat Allah dan para alim ulama nanti akan memberikan syafaat di hari kiamat. Nilai ini yang seharusnya dipahami oleh para jamaah dan bukan malah menjadikannya sebagai arena memburu keduniawian semata apa lagi yang melenceng dari sebuah ritus agama yang suci seperti Mujahadah Dzikrul Ghofilin
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S. Ag., M. Pd., M. A |
Uncontrolled Keywords: | Motif Sosial, Tujuan Alternatif, Jamaah Mujahadah Dzikrul Ghofilin |
Subjects: | Sosiologi Agama |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1) |
Depositing User: | H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI. |
Date Deposited: | 16 Apr 2019 15:38 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 15:38 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34656 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |