STUDI KOMPARASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ALUMNI PONDOK DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Mardiana Nur Hasanah, NIM. 13410123 (2018) STUDI KOMPARASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ALUMNI PONDOK DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ALUMNI PONDOK DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410123-BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ALUMNI PONDOK DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410123_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ruh pendidikan sesungguhnya terletak di pundak guru. Mutu siswa dan pendidikan bergantung pada mutu guru. Karena itu, guru harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar nasional pendidikan, salah satunya adalah kompetensi profesional yaitu guru harus memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam termasuk guru PAI. Apalagi didukung bila guru tersebut alumni pondok yang memperdalam pengetahuan Islam secara teori maupun praktis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi baik alumni pondok pesantren terhadap ibidang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi profesional guru PAI alumni pondok lebih baik daripada guru PAI bukan alumni pondok hal ini dapat dilihat dari penguasaan materi secara luas dan mendalam pada saat menjelaskan materi. (2) Perbedaan kompetensi profesional guru PAI alumni pondok dan guru PAI bukan alumni pondok antara lain: a) Kemampuan guru PAI alumni pondok dalam penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan mata pelajaran PAI sangat baik dan tidak diragukan lagi. Guru PAI alumni pondok selalu memberikan materi tambahan dan contoh perilaku sesuai kehidupan seharihari sedangkan guru PAI bukan alumni pondok kurang maksimal dalam memberikan materi tambahan; b) Tindakan refleksi yang dilakukan guru PAI alumni pondok kurang maksimal karena belum memanfaatkan siswa dan teman sejawat dalam evaluasi diri serta belum melaksanakan PTK secara maksimal, sedangkan guru PAI bukan alumni pondok sudah maksimal dalam melakukan refleksi diri tetapi sama sekali belum pernah melaksanakan PTK. (3) Adapun kesamaannya antara lain: a) Guru menguasai KI/KD mata pelajaran yang diampu, guru juga mampu merencanakan, menyusun, dan melaksanakan RPP; b) Guru cenderung menyampaikan semua materi tanpa memilih materi sesuai tingkat perkembangan peserta didik; c) Guru dapat memanfaatkan TIK dengan baik untuk menambah keluasan materi dan berkomunikasi dengan teman sejawat serta senantiasa belajar dari berbagai sumber untuk mengikuti perkembangan zaman. (4) Implikasi dari perbedaan kompetensi profesional dapat dilihat dari kedalaman pengembangan materi yang dilakukan oleh guru ketika di dalam kelas. Guru PAI alumni pondok selalu mengembangkan materi dengan menyampaikan materi tambahan yang tidak terdapat dalam buku/sumber belajar. Guru PAI alumni pondok selalu urmenjelaskan dan menambah wawasan dengan memberikan materi tambahan untuk menunjang pemahaman materi yang dilakukan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Guru PAI Alumni Pondok, Guru PAI bukan Alumni Pondok
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Apr 2019 15:44
Last Modified: 30 Dec 2020 05:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34658

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum