ANALISIS DAYA SAING DAN DETERMINAN NILAI EKSPOR UDANG INDONESIA KE 7 NEGARA TUJUAN EKSPOR

ARINI EKA NASTITI, NIM. 15810026 (2019) ANALISIS DAYA SAING DAN DETERMINAN NILAI EKSPOR UDANG INDONESIA KE 7 NEGARA TUJUAN EKSPOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS DAYA SAING DAN DETERMINAN NILAI EKSPOR UDANG INDONESIA KE 7 NEGARA TUJUAN EKSPOR)
15810026_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS DAYA SAING DAN DETERMINAN NILAI EKSPOR UDANG INDONESIA KE 7 NEGARA TUJUAN EKSPOR)
15810026_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Udang merupakan komoditas di sektor perikanan yang memiliki kontribusi besar terhadap nilai ekspor Indonesia. Selain itu, pada tahun 2016 Indonesia menempati peringkat keempat negara pengekspor udang terbesar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya daya saing ekspor komoditas udang Indonesia di negara tujuan ekspor. Tidak hanya itu, penelitian ini juga dilakukan untuk menganalisis pengaruh indeks RCA (Revealed Comparative Advantage), produksi udang Indonesia, populasi penduduk negara tujuan ekspor, pendapatan per kapita negara tujuan ekspor, dan harga internasional udang terhadap nilai ekspor udang Indonesia. Untuk menghitung seberapa besar daya saing yang dimiliki ekspor komoditas udang Indonesia di negara tujuan ekspor menggunakan perhitungan indeks RCA (Revealed Comparative Advantage). Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam regresi data panel dengan estimasi menggunakan model random effect. Berdasarkan hasil perhitungan RCA dapat diketahui bahwa secara keseluruhan daya saing ekspor komoditas udang Indonesia di Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Malaysia, Hongkong, Singapura dan Belanda dapat dikatakan baik. Sedangkan untuk regresi data panel, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama semua variabel berpengaruh signifikan terhadap nilai ekspor udang Indonesia. Sedangkan secara parsial variabel RCA, produksi udang, populasi penduduk, dan harga internasional udang berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan variabel pendapatan per kapita tidak berpengaruh signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sunaryati., SE., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Indeks RCA, Produksi Udang, Populasi Penduduk, Pendapatan Per Kapita, Harga Internasional Udang, Nilai Ekspor Udang
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Apr 2019 08:35
Last Modified: 18 Apr 2019 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum