NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK Q.S. AL-ISRAA’ AYAT 24-30 DALAM TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB

Muhammad Afifullah Nizary, NIM. 14410005 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK Q.S. AL-ISRAA’ AYAT 24-30 DALAM TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK Q.S. AL-ISRAA’ AYAT 24-30 DALAM TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB)
14410005_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK Q.S. AL-ISRAA’ AYAT 24-30 DALAM TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB)
14410005_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah tentang pentingnya bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak yang relevan dengan tujuan pendidikan agama Islam di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Melihat zaman sekarang ini aspek-aspek yang terdapat dalam nilai-nilai pendidikan akhlak itu yang masih sangat minim dipraktekkan, karena pada umumnya pada penerapan atau prakteknya hanya sekedar melakukan sekelumit, namun tidak dengan memahami, menghayati maksud dari nilai-nilai pendidikan akhlak dan yang kemudian dapat membiasakan dengan nilai-nilai pendidikan tersebut. Oleh karena itulah diadakan penelitian tentang sebuah nilai-nilai pendidikan akhlak yang bersumber dari al-quran yang mampu untuk diterapkan pada proses mewujudkan tujuan dari pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian library research (kepustakaan), dengan mengambil metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu menganalisis masalah yang akan dibahas dengan cara mengumpulkan data-data kepustakaan, pendapat para mufassir. Hasil penelitian ini adalah (1) Berbuat baik kepada orang tua, berbakti, menghormati, (2) Hidup sederhana (tidak boros), meliputi menggunakan harta di jalan Allah, dan membelanjakan harta secara baik serta bijak, (3) Rasa persaudaraan, meliputi saling menghargai, membantu saudara kita dalam segala kondisi. (4) Qana‘ah, meliputi merasa puas hati, dan selalu mensyukuri segala sesuatu yang telah diberi Allah, (5) Kedermawanan, menginfakkan dan menshadaqahkan harta di jalan Allah, memberi sesuatu tanpa pamrih. (6) Menjaga lisan, senantiasa selalu berkata baik dan benar sesuai tuntunan syari‘at-Nya. Dengan demikian relevansi dari nilai-nilai pendidikan akhlak dengan tujuan pendidikan agama Islam yakni, setiap individu diajarkan untuk meningkatkan takwanya kepada Allah, sepenuhnya teguh beriman kepada-Nya, beramal sholeh, berakhlak mulia, serta dapat mewujudkan keharmonisan, kerukunan dan rasa hormat internal agama yang dianut terhadap pemeluk agama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Pendidikan Akhlak, dan Tujuan PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 08:51
Last Modified: 18 Apr 2019 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34664

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum