DETERMINAN TINGKAT KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2010-2017

DONY KHOLIQ ANWAR, NIM. 15810040 (2019) DETERMINAN TINGKAT KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2010-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN TINGKAT KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2010-2017)
1. NIM. 15810040-COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN TINGKAT KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2010-2017)
2. NIM. 15810040-BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kemandirian keuangan daerah menunjukkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam membiayai sendiri kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat dari dana yang bersumber pada pendapatan asli daerah. Objek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur sebagai daerah dengan penerimaan DAU terbesar pada tahun 2017. Penelitian mengunakan data panel, merupakan gabungan antara data time series tahunan dari 2010 hingga 2017 dan data cross section dari 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Secara metodologis, penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dengan sampel yang berjumlah 304 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data panel dengan pendekatan terpilih yaitu fixed effect model. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh variabel independen yaitu pajak, belanja modal, pendapatan perkapita, jumlah penduduk, dan sumber daya alam terhadap variabel dependen yaitu tingkat kemandirian keuangan daerah di 38 Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur dalam periode penelitian tahun 2010-2017. Berdasarkan hasil uji simultan, penelitian ini menunjukkan bahwa kelima variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemandirian keuangan daerah di 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Sedangkan berdasarkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel pajak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kemandirian keuangan daerah. Variabel belanja modal memberikan pengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemandirian keuangan daerah. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada pendapatan perkapita terhadap tingkat kemandirian keuangan daerah. Variabel jumlah penduduk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kemandirian keuangan daerah dan variabel sumber daya alam tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat kemandirian keuangan daerah. Dapat disimpulkan bahwa dari kelima variabel independen, hanya variabel sumber days alam yang tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat kemandirian keuangan daerah. Penelitian ini merekomendasikan pemerintah daerah untuk menggali secara maksimal sumber-sumber pendapatan asli daerah dan mengurangi ketergantungan pada pemerintah pusat dalam hal pembangunan daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sunaryati, SE, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Keuangan Daerah, Pajak, Belanja Modal, Pendapatan Perkapita, Jumlah Penduduk, dan Sumber Daya Alam.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:03
Last Modified: 18 Apr 2019 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34667

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum