KETERKAITAN HIPOTESIS KUZNETS DENGAN DIMENSI SOSIO EKONOMI IBNU KHALDUN (PENGUJIAN PADA KABUPATEN/KOTA PROVINSI D.I. YOGYAKARTA)

ISNAN INDRIATI ISNAN INDRIATI, NIM. 15810062 (2019) KETERKAITAN HIPOTESIS KUZNETS DENGAN DIMENSI SOSIO EKONOMI IBNU KHALDUN (PENGUJIAN PADA KABUPATEN/KOTA PROVINSI D.I. YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERKAITAN HIPOTESIS KUZNETS DENGAN DIMENSI SOSIO EKONOMI IBNU KHALDUN (PENGUJIAN PADA KABUPATEN/KOTA PROVINSI D.I. YOGYAKARTA))
15810062_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KETERKAITAN HIPOTESIS KUZNETS DENGAN DIMENSI SOSIO EKONOMI IBNU KHALDUN (PENGUJIAN PADA KABUPATEN/KOTA PROVINSI D.I. YOGYAKARTA))
ISNAN_INDRIATI_15810062_KETERKAITAN HIPOTESIS KUZNETS DENGAN DIMENSI SOSIO EKONOMI IBNU KHALDUN (Pengujian Pada KabupatenKota D.I. Yogyakarta).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ketimpangan suatu daerah pada masa pertumbuhan pertama akan naik lalu kemudian trun bersamaan dengan naiknya pendapatan perkapita. Keadaan tersebut akan membentuk kurva “U-terbalik” dan hipotesisnya biasa dikenal dengan Hipotesis Kuznets. Tujuan utama ekonomi Islam ialah keadilan.sebagaimana pemikiran Ibnu Khaldun dimana setiap variabel didalamnya saling bepengaruh saatu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hipotesis Kuznets, hubungan dimensi soiso ekonomi Ibnu Khaldun dengan ketimpangan pendapatan serta keterkaitan antara hipotesis Kuznets dengan dimensi sosio ekonomi Ibnu Khaldun. Objek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelima kabupaten kota di D.I. Yogyakarta sebagai wilayah dengan nilai ketimpangan tertinggi se-Pulau Jawa. Penelitian mengunakan data panel, merupakan gabungan antara data time series tahunan dari 2004 hingga 2017 dan data cross section dari kelima kabupaten kota di D.I. Yogyakarta. Pada Penelitian ini dilakukan regresi data panel dinamis dengan Generalized Method Moment (GMM) Arellano Bond. Pembuktian hipotesis Kuznets dan hubungan dimensi soiso ekonomi Ibnu Khaldun dengan ketimpangan pendapatan digunakan data ketimpangan pendapatan perhitungan Indeks Entropi Theil sebagai variabel dependen, serta variabel lain sebagai proxi setiap dimensi dalam model dimensi sosio ekonomi Ibnu Khaldun. Hasil penelitian ini menunjukkan hipotesis Kuznets tidak berlaku di kabupaten/kota D.I. Yogyakarta selama tahun penelitian. Sedangkan hubungan dimensi sosio ekonomi Ibnu Khaldun dengan ketimpangan pendapatan menunjukkan hasil yang signifikan secara simultan. Selanjutnya, keterkaitan antara hipotesis Kuznets dengan dimensi sosio ekonomi Ibnu khaldun menunjukkan kesamaan karena variabel pertumbuhan ekonomi menunjukkan hasil yang tidak signifikan pada kedua model. Akhir penelitian menunjukkan pengaruh ketimpangan pendapatan tidak hanya dari pertumbuhan ekonomi tapi juga harus memperhatikan kondisi sosial masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nugroho, S.E., M.Sc
Uncontrolled Keywords: ndeks Entropi Theil, pembuktian hipotesis Kuznets, di Khaldun, Generalized Method Moment (GMM) Arellano
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Apr 2019 10:17
Last Modified: 18 Apr 2019 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34678

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum