PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “BUKU TERPAKSA BELAJAR” MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTs NEGERI 1 MAGELANG

NIKMATUL ISNAINI, NIM. 14410116 (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “BUKU TERPAKSA BELAJAR” MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTs NEGERI 1 MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “BUKU TERPAKSA BELAJAR” MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTs NEGERI 1 MAGELANG)
14410116_ BAB I_BAB IV DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “BUKU TERPAKSA BELAJAR” MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTs NEGERI 1 MAGELANG)
14410116_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan , target, dan problem saat menerapkam strategi pembelajaran “Buku Terpaksa Belajar” pada pembelajaran fikih di kelas VII MTs Negeri 1 Magelang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah lapangan (field reserch). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluatif, yaitu suatu desain atau prosedur evaluasi dalam mengumpulkan dan menganalisis data secara sistematik untuk menentukan nilai atau manfaat dari suatu praktik pendidikan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII program reguler MTs Negeri 1 Magelang tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 260 siswa. Dari kelas VII program reguler, peneliti mengambil 4 kelas yaitu kelas VII A, VII C, VII D, dan VII F untuk diteliti, hal ini dimaksud untuk menyamakan materi yang sedang dipelajari yaitu materi dzikir dan berdoa. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan trianggulasi teknik, adapunteknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) Penerapan strategi pembelajaran “Buku Terpaksa Belajar” pada pembelajaran fikih di MTs Negeri 1 Magelang sudah cukup baik, hal ini dilihat kenaikan hasil prestasi belajar siswa setah menerapkan strategi Buku Terpaksa Belajar”. 2) Terdapat tiga target yang ingin dicapai dari penerapan strategi pembelajaran “Buku Terpaksa Belajar” dalam pembelajaran fikih di MTs Negeri 1 Magelang. 3) Dalam penerapan strategi pembelajaran “Buku Terpaksa Belajar” dalam pembelajaran fikih di MTs Negeri 1 Magelang terdapat probelem bagi siswa dan guru PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch Fuad. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Buku Terpaksa Belajar, Fikih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 11:06
Last Modified: 18 Apr 2019 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum