KONSEP ACTIVE LEARNING MENURUT PRESPEKTIF AL-QURAN

MUHAMMAD NUR HAMID HIDAYATULLAH, NIM. 14410203 (2019) KONSEP ACTIVE LEARNING MENURUT PRESPEKTIF AL-QURAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP ACTIVE LEARNING MENURUT PRESPEKTIF AL-QURAN)
14410203_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONSEP ACTIVE LEARNING MENURUT PRESPEKTIF AL-QURAN)
14410203_BAB-II_sampai-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Apabila pembelajaran tidak menggunakan motode yang tepat maka hasil yang dicapai pun tidak akan maksimal bahkan “gagal”. Metode-metode pembelajaran dalam kasus pembahasan ini adalah Active Learning yang sering digunakan dalam proses pembelajaran, secara epistemological dapat dipertanyakan dan dipertimbangkan kembali. Sekali lagi, mengingat bahwa sebagai Guru PAI harus mengerti landasan apa yang dia lakukan. Dari manakah dasar yang dipakai dalam menggunakan metode-metode tersebut? Karena kenyataan yang beredar bahwa setrategi pembelajaran banyak mengadopsi teori-teori orang barat. Tentu sebagai umat Islam – intelektual Islam – lebih baik juga mencari landasan tersebut dari dalam al-Quran. Dalam penelitian yang akan dilaksanakan peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan mengambil obyek penelitian konsep Active Learning di dalam al-Quran. Dalam penelitian ini, peniliti berusaha mencari kesesuaian konsep Active Leaarning tersebut dengat ayat-ayat tarbawi dalam al-Quran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru dintuntut untuk berusaha seserius mungkin mendekatkan materi pengetahuan yang diajarkan dengan pemahaman subjek didik seiring dengan perkembangan usianya, tingkat kematangan bahasa dan kecerdasannya. Kemudian secara bertahap pengajaran berawal dari hal yang sederhana menuju hal yang kompleks, dari hal yang akrab dengan pengalaman subjek didik menuju hal yang asing darinya. Ibnu Jamah mengatakan, “Guru dituntut untuk berusaha serius mengajar subjek didik sesuai dengan tingkat pemahamannya, jangan sampai guru mengajarkan materi tidak proporsional dan tidak dapat dipahami subjek didiknya. Kalau memang perlu penjabaran, pengulangan dan pemberian contoh, maka ia harus bersedia melakukannya. Dengan kata lain, Guru harus memiliki setrategi pembelajaran tertentu yang bisa menarik perhatian siswanya dan membantu mereka mempelajari subjek pelajaran. 2) di dalam Al-Quran terdapat beberapa ayat yang berbicara tentang konsep pembelajaran yang aktif, seperti QS. Al-Maidah ayat 67, QS. Ibrahim ayat 24-25, QS. An-Nahl:125, dan QS. An-Nahl ayat 43.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawar Kholil, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Konsep Active Learning, metode pembelajaran, Al-Qur-an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 13:05
Last Modified: 18 Apr 2019 13:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum