PENGARUH PERSEPSI TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR

NUR ALIAH NAFIAH, NIM. 15410075 (2019) PENGARUH PERSEPSI TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR)
15410075_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR)
15410075_BAB-II_SAMPAI-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak yang sangat penting dimiliki oleh siswa, berupa aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik melalui Pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 108 siswa dengan jumlah sampel 88 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket (kuesioner) dan dokumentasi hasil belajar siswa selama semester gasal. Hasil Validitas menunjukkan dari 50 butir soal terdapat 45 butir soal yang valid, dan reliabilitas 0,885. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 124-129, (2) Prestasi belajar akidah akhlak berada pada tingkat baik yaitu terletak pada interval 85-89, (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pelaksanaan pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan model regresi sederhana Y=34,727+0,366X. koefisien korelasi sebesar 0,991 sementara r tabel 5% sebesar 0,213 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil t hitung > t tabel (20,512 > 0,2000) dan memiliki kontribusi 83%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. H. Sri Sumarni, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Interpersonal, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 13:10
Last Modified: 18 Apr 2019 13:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34689

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum