HUBUNGAN KINERJA GURU PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

MAHRUNNISHA PUTRI, NIM. 15410162 (2019) HUBUNGAN KINERJA GURU PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KINERJA GURU PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15410162_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KINERJA GURU PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15410162_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah terdapat masalah terkait dengan motivasi belajar PAI siswa di kelas X di SMA Negeri 1 Banguntapan yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang kondusif seperti siswa yang mengantuk ketika pembelajaran berlangsung, tidak fokus ketika guru menerangkan pembelajaran di kelas. Motivasi belajar siswa dalam dunia pendidikan sangat penting demi tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Motivasi dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik. adanya faktor ekstrinsik diharapkan seorang guru memiliki kinerja yang baik karena hal tersebut dapat menjadi bekal dalam proses pembelajaran. Kinerja guru akan berdampak pada motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kinerja guru PAI dan motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Banguntapan, untuk menguji secara empiris hubungan kinerja guru PAI dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangntapan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul. Dengan teknik cluster random sampling diambil 106 siswa. pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah statistic deskriptif dan analisis korelasi product moment dengan bantuan SPSS 23 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat kinerja guru PAI di SMA Negeri 1 Banguntapan di kategorikan cukup baik dengan jumlah ̅ = 103,14 dan standart deviasi = 12, 432.(2) tingkat motivasi belajar PAI siswa kelas X di SMA Negeri 1 Banguntapan di kategorikan cukup baik dengan jumlah ̅ = 52,86 dan standart deviasi = 7,505. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kinerja guru PAI dengan motivasi belajar PAI siswa kelas X di SMA Negeri 1 Banguntapan (rxy = 0,598, p (one-tailed) = 0,000 < 0,01).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi., M.A
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru PAI, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 13:20
Last Modified: 18 Apr 2019 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum