IMPLEMENTASI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PROSES PEMBELAJARAN KELOMPOK B DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BATURETNO BANGUNTAPAN BANTUL

MIFTAHUR ROHMAH, NIM. 14430038 (2018) IMPLEMENTASI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PROSES PEMBELAJARAN KELOMPOK B DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BATURETNO BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PROSES PEMBELAJARAN KELOMPOK B DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BATURETNO BANGUNTAPAN BANTUL)
14430038_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PROSES PEMBELAJARAN KELOMPOK B DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BATURETNO BANGUNTAPAN BANTUL)
14430038_BAB-II-sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh media yang digunakan dalam proses pembelajaran yang mengacu pada aspek perkembangan anak. Pemilihan media dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap proses belajar pada anak, bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar dapat dijadikan media untuk kelancaran proses pembelajaran untuk anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bagaimana proses penerapan media buku cerita bergambar pada proses pembelajaran kelompok B di TK Islam Plus Mutiara, 2) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat proses penerapan media buku cerita bergambar. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan anak didik kelas B. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah proses penerapan media buku cerita bergambar. Analisis data yang sudah terkumpul dan tersusun secara sistematis kemudian ditarik kesimpulan dan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) implementasi media buku ceita bergambar pada proses pembelajaran kelompok B di TK Islam Plus Mutiara terdapat pada kegiatan materi pagi dengan menggunakan buku cerita bergambar dengan tema akhlaq, sopan santun dan perilaku yang baik yang berkaitan dengan keagamaan dan religius, kegiatan inti menggunakan buku cerita bergambar yang sesuai dengan tema di hari itu misalnya tentang Air, Udara dan Api, sedangkan pada kegiatan main yang tercantum dalam RKH tema yang digunakan tidak harus sesuai dengan tema dihari itu boleh menggunakan buku cerita bergambar dengan tema lain. (2) faktor pendukung implementasi media buku cerita bergambar pada proses pembelajaran kelompok B di TK Islam Plus Mutiara antara lain: peran guru, adanya perpustakaan, mood anak, Reward, keluarga, Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan proses pembelajaran dengan media buku cerita bergambar yaitu: Tampilan buku, perhatian anak, teknik bercerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohinah, S.Pd.I.,MA.
Uncontrolled Keywords: Media Buku Cerita Bergambar, Proses Pembelajaran, TK Islam Plus Mutiara
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2019 09:04
Last Modified: 22 Apr 2019 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34703

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum