EFEKTIVITAS KEBIJAKAN MAKROPRUDENSIAL SEBAGAI COUNTERCYCLICAL PENYALURAN KREDIT DAN PEMBIAYAAN PERBANKAN DI INDONESIA

AHM AD KHOLID UBAIDILLAH, NIM. 15810076 (2019) EFEKTIVITAS KEBIJAKAN MAKROPRUDENSIAL SEBAGAI COUNTERCYCLICAL PENYALURAN KREDIT DAN PEMBIAYAAN PERBANKAN DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KEBIJAKAN MAKROPRUDENSIAL SEBAGAI COUNTERCYCLICAL PENYALURAN KREDIT DAN PEMBIAYAAN PERBANKAN DI INDONESIA)
15810076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KEBIJAKAN MAKROPRUDENSIAL SEBAGAI COUNTERCYCLICAL PENYALURAN KREDIT DAN PEMBIAYAAN PERBANKAN DI INDONESIA)
15810076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Krisis ekonomi global merupakan salah satu permasalah yang menyebabkan melemahnya Stabilitas Sistem Keuangan (SSK). Krisis tersebut dipicu oleh perilaku perbankan dalam menyalurkan kredit/pembiayaan yang bersifat prosiklal atau cenderung mengikuti siklus ekonomi. Perumusan kebijakan makroprudensial digunakan untuk memitigasi perilaku perbankan yang bersifat prosiklal tersebut, sehingga kebijakan makroprudensial bersifat countercyclical atau kebijakan yang bertujuan untuk menstabilkan Stabilitas Sistem Keuangan (SSK). Istrumen kebijakan makroprudensial yang digunakan dalam penlitian ini adalah Loan To Value (LTV)/Financing To Value (FTV) dan Giro Wajib Minimum berdasar Loan to Deposit Ratio (GWM-LDR). Selain itu juga ada variabel makroekonomi dan variabel internal bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas kebijakan makropudensial sebagai countercyclical penyaluran kredit dan pembiayaan perbankan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis Vector Autoregresive (VAR) menggunakan data time series bulan Januari 2010 – Oktober 2018. Hasil penelitian menunjuk bahwa tujuan kebijakan makroprudensial sebagai countercyclical telah terpenuhi dengan kebijakan LTV/FTV dan GWM-LDR dengan indikator bahwa secara umum kebijakan LTV/FTV dan GWM-LDR mampu meng-address prosiklikalitas kredit dan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ghafur Wibowo, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Makroprudensial, LTV/FTV, GWM-LDR, Kredit, Pembiayaan, VAR.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Apr 2019 10:05
Last Modified: 20 Apr 2020 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34714

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum