KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA

RATIH CAHYANI, NIM. 14430080 (2018) KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA)
14430080_ BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA)
14430080_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas kegelisahan peneliti bahwa pendidikan anak usia dini di Indonesia belum tergarap dengan baik. Selain itu, pendidikan anak usia dini mengemban amanat yang berat dari mulai mendidik, mencerdaskan dan mengembangkan potensi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Untuk itu, pendidikan prasekolah atau pendidikan anak usia dini jangan dianggap hanya sebagai pelengkap. Tetapi kedudukannya sama penting dengan pendidikan formal pada umumnya supaya anak–anak dapat memperoleh pendidikan sejak dini yang sesuai dengan kebudayaan bangsanya sendiri. Hal itu diupayakan agar anak bisa merdeka dan berkembang sesuai budaya bangsa Indonesia. Sehingga menurut hemat penulis perlu dilakukan pengkajian mengenai pendidikan anak usia dini dari sudut pandang tokoh pendidikan. Dengan demikian, hasil dari penelitian dapat turut serta memecahkan solusi dalam pendidikan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pokok-pokok pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kajian pemikiran tokoh yang berdasarkan dari buku-buku tulisan Ki Hadjar Dewantara sebagai sumber primer. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis–deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan: Dalam beberapa buku yang ditulis oleh Ki Hadjar Dewantara, terdapat tiga konsep, yaitu: (1) Pendidikan yang diberikan kepada anak sejak lahir sampai usia tujuh tahun; (2) Mendidik anak dengan cara yang sesuai dengan tabiatnya umur kanak-kanak; (3) Pendidikan kanak-kanak yang menekankan pada kebudayaan bangsanya sendiri, dengan memasukkan permainan kanak-kanak yang menggabungkan pelajaran-pelajaran lagu, sastera dan cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Suyadi, S.Ag, M.A.
Uncontrolled Keywords: kodrat hidup, pendidikan anak dan bermain.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2019 15:43
Last Modified: 22 Apr 2019 15:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34733

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum