EFEKTIVITAS METODE CERITA NABI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH JUMOYO SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

YUNI RUSMAWATI, NIM. 14436012 (2018) EFEKTIVITAS METODE CERITA NABI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH JUMOYO SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE CERITA NABI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH JUMOYO SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
14436012_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE CERITA NABI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH JUMOYO SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
14436012_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan cara menyajikan materi kepada siswa secara baik supaya diperoleh hasil yang efektif dan efisien. Masalah yang lainnya yang juga sering didapati adalah kurangnya perhatian guru terhadap pembelajaran. Bustanul Athfal Aisyiyah Jumoyo sudah menerapkan penggunaan audio visual cerita nabi dalam pembelajaran akhlak yang diputar dengan menggunakan LCD dan dilakukan kurang lebih setiap dua minggu sekali. Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana implementasi, efektivitas dan faktor pendukung dan penghambat efektivitas metode cerita nabi dalam pembelajaran Akhlak peserta didik setelah belajar dengan audio visual cerita nabi di Bustanul Athfal Aisyiyah Jumoyo. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi, efektivitas dan faktor pendukung dan penghambat efektivitas metode cerita nabi dalam pembelajaran Akhlak peserta didik setelah belajar dengan audio visual cerita nabi di Bustanul Athfal Aisyiyah Jumoyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan mengambil subyek penelitian di Bustanul Athfal Aisyiyah Jumoyo. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan lima tahap yaitu tahap deskriptif, kualifikasi, analisis, interpretasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1)Implementasi metode cerita nabi dengan media audio visual dalam pembelajaran Akhlak dilakukan dengan persiapan RKH, persiapan ruang kelas dan persiapan media yang akan digunakan. Anak telah mampu mengimplementasikan akhlak berdasarkan cerita nabi. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan siswa yang menyatakan xii bahwa 50% anak telah mampu berperilaku baik, 45 % anak telah mempu berperilaku sangat baik dan 5% anak belum mampu berperilaku baik. (2)Efektivitas metode cerita nabi dalam pembelajaran Akhlak peserta didik setelah belajar dengan audio visual cerita nabi di Bustanul Athfal Aisyiyah Jumoyo sangat efektif. Penerapan metode ini juga sangat disukai siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara kepada guru dan siswa. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam efektivitas penerapan metode cerita dengan media audio visual cerita nabi dalam pembelajaran Akhlak di Bustanul Athfal Aisyiyah Jumoyo. Faktor pendukung penelitian ini adalah sarana dan prasarana TK yang telah memadai dan Bustanul Athfal Aisyiyah merupakan sekolah yang bernafaskan agama Islam sehingga mengedepankan pendidikan Akhlak. Faktor penghambat penelitian ini adalah film yang tersedia masih terbatas dan tidak semua film dapat difahami dengan mudah oleh anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: efektivitas, cerita nabi, audio visual
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Apr 2019 10:40
Last Modified: 23 Apr 2019 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34749

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum