PENDIDIKAN PRANIKAH DI YAYASAN PENDIDIKAN NURUL ILMI SLEMAN YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

DANANG AJI PRASETYO, NIM. 11470028 (2018) PENDIDIKAN PRANIKAH DI YAYASAN PENDIDIKAN NURUL ILMI SLEMAN YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN PRANIKAH DI YAYASAN PENDIDIKAN NURUL ILMI SLEMAN YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
11120090_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN PRANIKAH DI YAYASAN PENDIDIKAN NURUL ILMI SLEMAN YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa semakin banyaknya masalah yang timbul dalam pernikahan. Hal itu terbukti dengan semakin banyaknya tingkat perceraian di Indonesia. Belum lagi dengan munculnya kasus-kasus kekerasan dalam rumah tangga. Maka dari sinilah muncul berbagai upaya untuk mengurangi hal-hal tersebut. Pemerintah yang tentu mempunyai tanggung jawab besar terhadap seluruh masyarakatnya sudah mencoba mengurangi hal tersebut dengan bimbingan pranikah bagi calon pengantin yang diadakan melalui Kantor Urusan Agama. Namun hasil yang diharapkan belum terlihat signifikan, karena sifat bimbingan ini yang terlihat tidak dikerjakan dan dilaksanakan secara serius atau wajib bagi seluruh calon pengantin. Dari hal itu maka muncullah lembaga-lembaga swasta yang juga mencoba mengurangi masalah dalam rumah tangga yang ada sekarang ini. Dan salah satu lembaga pertama di Yogyakarta yang mencoba untuk berkiprah dalam pengurangan dan penanggulangan munculnya masalah-masalah dalam rumah tangga yang berujung dengan perceraian dan kekerasan adalah Yayasan Pendidikan Nurul Ilmi Sleman Yogyakarta dengan program Pendidikan Pranikah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datamenggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini bahwa: (1) Pendidikan pranikah adalah proses belajar mengajar dengan materi mempersiapkan bekal keilmuan dan pengetahuan peserta didik sebelum melakukan pernikahan. (2) materi pendidikan pranikah mencakup persiapan sebelum pernikahan seperti memilih jodoh proses lamaran dan pelaksanaan pernikahan. Serta setelah melakukan pernikahan seperti hubungan suami istri, mendidik anak, dan menghadapi masalah-masalah dalam rumah tangga. (3) kelebihan Nurul Ilmi yaitu: letak yayasan cukup strategis, fasilitas pendukung yang lengkap,tenaga pengajar yang sesuai bidang. Kekurangan Nurul Ilmi: biaya yang cukup tinggi, pemahaman masyarakat yang masih kurang, informasi keberadaan Nurul Ilmi yang minim, dan ruang kelas yang sempit dan belum memisahkan peserta laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan pranikah,pernikahan, keluarga
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Apr 2019 10:55
Last Modified: 23 Apr 2019 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34752

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum