MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKURIKULER PUBLIC SPEAKING DALAM MENINGKATKAN SELF-LEADERSHIP DI MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA

WIDHI ATMOKO, NIM. 14490060 (2018) MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKURIKULER PUBLIC SPEAKING DALAM MENINGKATKAN SELF-LEADERSHIP DI MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKURIKULER PUBLIC SPEAKING DALAM MENINGKATKAN SELF-LEADERSHIP DI MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA)
14490060_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKURIKULER PUBLIC SPEAKING DALAM MENINGKATKAN SELF-LEADERSHIP DI MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA)
14490060_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari kegiatan ektrakurikuler public speaking yang mana agenda tersebut adalah agenda rutin yang dijalankan oleh santri dari kelas satu MTs sampai kelas dua MA dan kelas dua MA sebagai tim pelaksana agenda public speaking. Kegiatan public speaking ini adalah kegiatan rutin yang dijalankan setiap senin malam dan kamis malam dalam sepekan. Namun dalam kegiatan lapangan masih ada beberapa santri lama yang mana masih belum bisa berpidato. Sedangkan tujuan dalam kegiatan public speaking adalah melatih santri supaya bisa berpidato. Meningkatkan self-leadership dapat di tumbuhkan pada diri santri ketika berpidato dengan manajemen yang baik dari Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Dengan manajemen yang baik santri akan diawasi dan diperhatikan oleh pengurus harian sehingga dalam berpidato sedikit-demi sedikit santri akan yang belum bisa berpidato akan menjadi bisa berpidato, berani, disiplin, dan berkarakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian menganalisis dan mengolah data yang telah didapat dilapangan mulai dari transkip sampai dengan interpretasu data. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren ibnul Qoyyim Putra. Hasil penelitian ini dapat dirangkum pertama, manajemen ekstrakurikuler public speaking di Pondok Pesanten Ibnul Qoyyim Putra sudah tersusun dengan baik mulai dari Perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Actuating), dan pengawasan (Controlling) semua kegiatan public speaking bisa terpantau oleh musyrif. Kedua, dalam kegiatan public speaking terdapat faktor pendorong yang menjadi pendukung daripada kegiatan public speaking adalah merupakan kegiatan wajib, manajemen yang sudah berjalan dengan baik, faktor senioritas dan dukungan orang tua. Faktor penghambat dari kegiatan public spekaing adalah kegiatan monoton dan berbenturan dengan kegiatan lain. Ketiga, hasil dari meningkatkan self-leadership santri setelah mengikuti kegiatan public speaking lebih adalah santri menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan pidato, terbentuknya mental santri yang berani,dan disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Edy Yusuf Nur, S.S., M.M., M. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Ekstrakurikuler, Public Speaking, Self-Leadership
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Apr 2019 15:51
Last Modified: 24 Apr 2019 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34801

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum