ESTIMASI PARAMETER PROPORSI MENGGUNAKAN METODE JACKKNIFE SAMPEL TERHAPUS-1 (Studi Kasus : Quick Count Suara Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bantul Tahun 2015)

WAHYU SURYADI, NIM. 15610031 (2019) ESTIMASI PARAMETER PROPORSI MENGGUNAKAN METODE JACKKNIFE SAMPEL TERHAPUS-1 (Studi Kasus : Quick Count Suara Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bantul Tahun 2015). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ESTIMASI PARAMETER PROPORSI MENGGUNAKAN METODE JACKKNIFE SAMPEL TERHAPUS-1 (Studi Kasus : Quick Count Suara Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bantul Tahun 2015))
15610031_BABI_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ESTIMASI PARAMETER PROPORSI MENGGUNAKAN METODE JACKKNIFE SAMPEL TERHAPUS-1 (Studi Kasus : Quick Count Suara Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bantul Tahun 2015))
15610031_BABII_S.D.SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Secara statistik, estimasi parameter proporsi digunakan untuk mengetahui besarnya prosentase dalam suatu populasi dengan menggunakan sampel. Sedangkan metode Jackknife sampel terhapus-1 merupakan teknik penyampelan ulang (resampling) yang bertujuan untuk mengestimasi suatu parameter tanpa menggunakan asumsi distribusi dengan menghilangkan satu observasi atau sampel pada sampel yang telah ada. Metode Jackknife dapat digunakan untuk mengestimasi berbagai parameter seperti rata-rata, rasio, standar deviasi, proporsi dll. Pada penelitian ini, penulis akan meneliti mengenai estimasi parameter proporsi dimana estimasi dilakukan dengan sampel asli dan sampel Jackknife. Sehingga dengan menggunakan dua metode yaitu estimasi parameter proporsi menggunakan sampel asli dan metode Jackknife sampel terhapus-1 tersebut akan diperoleh suatu perkiraan nilai. Selanjutnya kedua metode akan digunakan pada proses perhitungan suara pada pemilihan umum Kepala Daerah Kabupaten Bantul 2015 dan akan dievaluasi tingkat akurasinya menggunakan standar error yang dihasilkan oleh kedua metode tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah metode Jackknife sampel terhapus-1 memiliki standar error yang lebih kecil dari standar error yang dihasilkan dari estimasi menggunakan sampel asli, sehingga dapat dikatakan bahwa estimasi parameter proprosi menggunakan metode Jackknife sampel terhapus-1 lebih baik dibandingkan dengan estimasi proporsi menggunakan sampel asli. Kata Kunci: estimasi proporsi, metode jackknife, standar error.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Epha Diana Supandi, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: estimasi proporsi, metode jackknife, standar error.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Apr 2019 08:21
Last Modified: 25 Apr 2019 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34805

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum