STRATEGI BRANDING AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA

ISNA LATIFATUL AFIFAH, NIM. 14490065 (2018) STRATEGI BRANDING AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BRANDING AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA)
14490065_BAB I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BRANDING AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA)
14490065_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena branding merupakan hal yang sangat penting dan signifikan dalam membangun kepercayaan masyarakat. Dengan terciptanya brand yang baik maka lembaga pendidikan terbukti sukses sesuai tujuan dan kesepakatan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hal–hal yang membedakan Afkaaruna Islamic school Yogyakarta dengan lembaga pendidikan yang lainnya. 2) Untuk mengetahui strategi yang ingin dikembangkan Afkaaruna Islamic School Yogyakarta dalam membangun brand di tengah hiruk-pikuk persaingan dunia pendidikan. 3) Untuk mengetahui langkah-langkah pemasaran yang ditempuh Afkaaruna Islamic School Yogyakarta dalam membangun brand dikalangan orang tua/wali dan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tiga cara, yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisi data menggunakan analisis data menurut Creswell dalam buku karya Sugiono, yaitu mencakup mengorganisasikan dan menyiapkan data yang akan dianalisis, baca dan lihat seluruh data, membuat koding seluruh data, membuat koding sebagai bahan untuk membuat diskripsi, menghubungkan antar tema, dan memberi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penetapan brand Afkaaruna Islamic School Yogyakarta terdiri dari 3 pilar, yaitu: Islam, International dan budaya lokal. Ketiga brand tersebut kemudian oleh Afkaaruna Islamic School menjadikan label untuk memperjuangkan lembaga pendidikan agar terus berjalan dan dikenal publik, 2) Strategi branding Afkaaruna Islamic School Yogyakarta adalah: a. Positioning (Pemosisian) sebagai lembaga pendidikan yang mampu menghadapi tantangan globalisasi melalui penanaman karakter sejak dini, dengan keunggulan program pembentukan karakter berterstruktur dan fasilitas paket komplit. b. Differentiation (Perbedaan) Afkaaruna Islamic School Yogyakarta membangun brand dengan menunjukkan perbedaaan dari segi produk memiliki karakter yang baik dan dan tidak menerapkan ranking sebagai gantinya, pada akhir semester peserta didik diberi apresiasi sesuai kemampuannya. c. Kegiatan branding yang dilakukan Afkaaruna Islamic School Yogyakarta adalah membuat team khusus yang beranggotakan humas dan pemasaran untuk mengembangkan branding secara efektif, dan 3) Strategi membangun resonansi brand di kalangan orang tua/wali dan masyarakat adalah melalui komunikasi kepada pihak-pihak yang terlibat didalamnya seperti: Sumber informasi adalah team humas dan pemasaran, isi yang disampaiakan berpegang teguh pada 3 pilar islam, internasional dan budaya lokal yang dikemas menarik untuk memikat publik, media yang digunakan yaitu media sosial instagram dan media cetak banner dan brosur, dan penerima informasi adalah orang tua/ wali dan masyarakat dengan memelihara dan meningkatkan kepuasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, S.Pd.I, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Branding, Positioning, Differentiation, Kegiatan Branding, dan Resonansi.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Apr 2019 14:08
Last Modified: 25 Apr 2019 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34814

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum