TINDAK PIDANA PEMERASAN DISERTAI DENGAN KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH PREMAN (STUDI DI POLRESTA YOGYAKARTA TAHUN 2015)

AHMAD FAHMI, NIM. 11340128 (2018) TINDAK PIDANA PEMERASAN DISERTAI DENGAN KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH PREMAN (STUDI DI POLRESTA YOGYAKARTA TAHUN 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINDAK PIDANA PEMERASAN DISERTAI DENGAN KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH PREMAN (STUDI DI POLRESTA YOGYAKARTA TAHUN 2015))
11340128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINDAK PIDANA PEMERASAN DISERTAI DENGAN KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH PREMAN (STUDI DI POLRESTA YOGYAKARTA TAHUN 2015))
11340128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Upaya penanggulangan tindak pidana pemerasan disertai dengan kekerasan yang dilakukan oleh preman, mempunyai problematika sendiri yang dihadapi oleh Polresta Yogyakarta, yaitu pelaksanaan tugas dari kepolisian tersebut. Adapun permasalahan yang akan dijawab pada penelitian ini adalah, bagaimana upaya yang dilakaukan oleh Polresta Yogyakarta dalam penanggulangan tindak pidana pemerasan disertai dengan kekerasan yang dilakukan oleh preman, dan apakah yang dilakukan oleh Polreta Yogyakarta dalam penanggulangan tindak pidana pemerasan disertai dengan kekerasan telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif sehingga cara atau tekhnik pengumpulan yang digunakan adalah studi dokumen, akan tetapi untuk menunjang dan untuk peninjauan bahan kepustakaan, penelitian ini juga menggunakan komunikasi langsung dengan cara lapangan (fileld rsearch) yaitu yang obyek nya langsung berasal dari Polresta Yogyakarta. Data yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu data primer atau data asli yang diperoleh langsung dari sumbernya berasal dari narasumber atau responden, dalam hal ini Kepolisian Polresta Yogyakarta, serta digunakan data sekunder yang diperoleh dari perundang-undangan, pendapat-pendapat ahli, hasil penelitian yang dipelajari dari buku-buku. Berdasarkan hasil penelitian, penyusun memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada terhadap tindakan premanisme dalam Pasal 368 KUHP, bahwa dilakukan upaya preventif dan represif tim babinkamtibmas melakukan patrol dengan rutin dan koordinasi dengan 14 (empat belas) wilayah sektor kepolisian (polsek), melihat tingkat kerawanannya yang disinyalir dalam wilayah salah satu polsek akan terjadinya tindak pidana premanisme kemudian petugas polsek akan melakukan tindak lanjut terhadap hasil koordinasi tersebut beserta mencari data-data terhadap kelompok tersebut yang memang ada indikasi kelompok tersebut akan melakukan tindak pidana pemerasan hingga membubarkan kelompok tersebut. Tindakan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan seperti jika kepolisian Polresta Yogyakarta menerima laporan terhadap kejahatan premanisme maka petugas sigap terjun ke lapangan dan segera ditindak-lanjuti oleh aparat penegak hukum akan segera melakukan peyelidikan, penyidikan dan penangkapan atau penahanan para pelaku kejahatan premanisme tersebut sesuai Undang-Undang No. 2 Tahun 2001 tentang Kepolisian Republik Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Bahiej, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: tindak pidana, pemerasan, kekerasan, preman, polresta yogyakarta
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 29 Apr 2019 13:57
Last Modified: 29 Apr 2019 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34868

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum