PROGRAM PSIKOEDUKASI DALAM MENANGANI PENGENDALIAN EMOSI SISWA DI SD 1 CEPOKOJAJAR

SITI NURUN NA’IMAH, NIM. 1620410012 (2019) PROGRAM PSIKOEDUKASI DALAM MENANGANI PENGENDALIAN EMOSI SISWA DI SD 1 CEPOKOJAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PROGRAM PSIKOEDUKASI DALAM MENANGANI PENGENDALIAN EMOSI SISWA DI SD 1 CEPOKOJAJAR)
1620410012_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text (PROGRAM PSIKOEDUKASI DALAM MENANGANI PENGENDALIAN EMOSI SISWA DI SD 1 CEPOKOJAJAR)
1620410012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya berbagai perilaku siswa yang berkaitan dengan pengendalian emosi siswa yang terjadi di SD 1 Cepokojajar pada kurun waktu bulan Juli 2017 hingga bulan Februari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku yang berkaitan dengan permasalahan pengendalian emosi siswa, strategi, cara dan upaya yang dilakukan secara kolaborasi antara guru PAI dan guru kelas di SD 1 Cepokojajar dalam menyelesaikan permasalahan, mencegah timbulnya permasalahan, mencegah terulangnya kembali permasalahan yang ada dan menjaga kondisi siswa yang berkaitan dengan permasalahan pengendalian emosi siswa. Peneliti mencoba melihat penggunaan pendekatan psikoedukasi dalam menangani permasalahan pengendalian emosi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa di SD 1 Cepokojajar dengan melihat fakta yang berjalan secara alami dan langsung apa adanya tanpa perlakuan khusus. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dari 13 item perilaku yang muncul berkaitan dengan penanganan permasalahan pengendalian emosi siswa, terdapat empat perilaku yang paling sering muncul. Keempat perilaku ini adalah : berbicara tidak sopan, marah, berkelahi dan mengekspresikan kemarahan secara verbal. Pendekatan psikoedukasi yang sudah diterapkan oleh guru PAI dan guru kelas di SD 1 Cepokojajar mencakup layanan bimbingan, konseling, training dan konsultasi agar mampu meningkatkan kompetensi psikososial dalam mencegah, mengatasi, dan memberi perhatian dalam proses pemulihan. Pendekatan psikoedukasi yang sudah dilaksanakan di SD 1 Cepokojajar berupa bimbingan secara personal, kelompok, klasikal dan menyeluruh pada seluruh siswa; pemberian sanksi; pembinaan bersama orang tua dan penandatanganan surat pernyataan. Hasil akhir dari program psikoedukasi adalah adanya beberapa perubahan perilaku siswa yang berkaitan dengan pengendalian emosi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: pengendalian emosi, psikoedukasi, SD 1 Cepokojajar
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2) > Hukum Bisnis Syari'ah
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Apr 2019 10:07
Last Modified: 30 Apr 2019 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum