PENGARUH INSTAGRAM JOGJA_DARURAT_AGRARIA TERHADAP AKTIVISME AKSI ADVOKASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

MUHAMMAD ZAEN MASDUKI, NIM. 13540048 (2019) PENGARUH INSTAGRAM JOGJA_DARURAT_AGRARIA TERHADAP AKTIVISME AKSI ADVOKASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INSTAGRAM JOGJA_DARURAT_AGRARIA TERHADAP AKTIVISME AKSI ADVOKASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13540048_PRA BAB_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INSTAGRAM JOGJA_DARURAT_AGRARIA TERHADAP AKTIVISME AKSI ADVOKASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13540048_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Topik Penelitian ini tentang “Pengaruh Instagram JDA (Jogja_Darurat_Agraria) terhadap Aktivisme Aksi Advokasi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Tinjauan Atas Kasus Penggusuran NYIA di Kulon Progo)”. Menarik untuk dikaji lebih lanjut bagaimana framing instagram Jogja_Darurat_Agraria memberitakan kasus penggusuran di Kulon Progo dan bagaimana mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ikut terlibat dalam membela warga terdampak penggusuran lahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemberitaan instagram Jogja_Darurat_Agraria dalam menarik simpati publik dan mengetahui alasan keterlibatan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta membela warga Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder dari publikasi instagram Jogja_Darurat_Agraria dan wawancara mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta serta beberapa liputan media lainya. Penelitian ini menggunakan teori pembingkaian aksi kolektif yang terdiri dari tiga aspek; Pembingkaian diagnostik (diagnostic framing), Pembingkaian prognostic (prognostic framing), dan Pembingkaian motivasional (motivational framing). Hasil dari penelitian ini menunjukkan pembingkaian diagnostik Instagram Jogja_Darurat_agraria menuding kapitalisme modal dan feodalisme sebagai biang kerok ekspansi pembangunan bandara dengan menggandeng rezim Jokowi dan Jusuf Kalla, HB X, serta aparat keamanan baik TNI, Polisi bahkan Preman. Dalam Pembingkaian prognostik menunjukkan perlawanan warga terdampak dengan melaporkan pihak AP 1 dan aparat kepolisian terhadap Ombusdman RI. Sedangkan pembingkain motivasinal dilekatkan dengan jargon “Menanam dan Mempertahankan Lahan Adalah Ibadah”. Hasil wawancara peneliti menunjukkan adanya pengaruh nilai-nilai keagamaan pada Advokasi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terhadap warga terdampak penggusuran. Menyikapi penggusuran yang dialami warga, nilainilai agama harus dilekatkan pada tafsir pembelaan dan keberpihakan terhadap warga tertindas dan nilai-nilai itu yang dipegang selama ini oleh Aktivis Advokasi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam membantu warga Kulon Progo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawwar Ahmad, S.S. M.Si
Uncontrolled Keywords: Framing, Instagram Jogja_DaruratAgraria, Agama, Advokasi dan Mahasiswa.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Apr 2019 13:04
Last Modified: 30 Apr 2019 13:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34893

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum