IMPLEMENTASI KALENDER JAWA ISLAM TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT KONTEMPORER DESA SILUK, SELOPAMIORO, IMOGIRI, BANTUL

IKA INDRESWARI, NIM. 14540021 (2018) IMPLEMENTASI KALENDER JAWA ISLAM TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT KONTEMPORER DESA SILUK, SELOPAMIORO, IMOGIRI, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KALENDER JAWA ISLAM TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT KONTEMPORER DESA SILUK, SELOPAMIORO, IMOGIRI, BANTUL)
14540021_IKA INDRESWARI_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KALENDER JAWA ISLAM TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT KONTEMPORER DESA SILUK, SELOPAMIORO, IMOGIRI, BANTUL)
14540021_IKA INDRESWARI_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kalender Jawa Islam merupakan sistem penanggalan yang digunakan oleh Kesultanan Mataram dan berbagai kerajaan pecahannya. Kalender Jawa Islam merupakan penggabungan antara penanggalan Jawa Saka dan juga penanggalan Hijriyah. Adanya penggunaan kalender jawa islam di masyarakat Desa Siluk masih digunakan hingga kehidupan kontemporer saat ini, mayoritas masyarakat Desa Siluk masih meyakini untuk digunakan dalam mencari hari baik ketika akan melaksanakan kegiatan penting.Dalam penelitian ini dibatasi dengan dua masalah penting yang perlu diteliti yakni Pertama, Bagaimana perilaku masyarakat desa siluk terhadap kalender jawa islam di kehidupan kotemporer saat ini? dan Kedua bagaimanakah pengaruh kalender jawa islam terhadap kehidupan kotemporer di masyarakat Desa Siluk?. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui perilaku sosial dan penerapan kalender Jawa Islam masyarakat Desa Siluk di dalam kehidupan kontemporer.Penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang adanya Implementasi kalender Jawa Islam di dalam kehidupan kotemporer saat ini. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan tiga metode penelitian di dalam proses pengumpulan data, yakni wawancara, observasi, dan dokumetasi. Berdasarkan judul yang diteliti, maka penliti menggunakan Teori Max Weber tentang Tradisi dan Modernisme untuk mengetahui adanya suatu tradisi di dalam kalender Jawa Islam di dalam kehidupan kontemporer saat ini. Pada teori ini dijelaskan bahwa modernisme merupakan suatu masyarakat yang memisahkan dari kebodohan dan tradisi, namun sampai saat ini masih tetap digunakan. Secara garis besar, adanya penggunaan kalender Jawa Islam di dalam masyarakat Dusun Siluk masih didasari dengan adanya sebuah kepercayaan dan keyakinan masyarakat Dusun Siluk dalam menggunakan adanya kaidah kalender Jawa Islam. Kalender Jawa Islam sendiri digunakan oleh masyarakat Desa Siluk untuk menentukan berbagai kegiatan seperti untuk menentukan hari pernikahan, hari untuk khitanan, hari mendirikan rumah, hari untuk melakukan penanaman dan juga hari untuk menentukan berpergian. Dari adanya penggunaan kalender Jawa Islam, masyarakat Desa Siluk banyak yang menganggap bahwa kalender Jawa Islam itu memiliki nilai penting bagi kehidupan masyarakat Jawa, karena kalender Jawa Islam merupakan suatu kaidah yang masih tetap disakralkan hingga sekarang. Masyarakat Desa Siluk menyikapi adanya kalender Jawa Islam di dalam kehidupan yang sudah kontemporer saat ini sebagai tuntunan yang dapat memberikan kebaikan hidup, karena bagi masyarakat Desa Siluk bahwa kalender Jawa Islam merupakan suatu adat istiadat Jawa yang berasal dari nenek moyang pada zaman dahulu yang masih perlu dilestarikan oleh masyarakat Desa Siluk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Adib Sofia, S.S., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kalender Jawa Islam, Kontemporer, Desa Siluk
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Apr 2019 14:40
Last Modified: 30 Apr 2019 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34902

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum