MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN SMK PENABUR PURWOREJO

DAIMURAHMAN, NIM. 1620410018 (2018) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN SMK PENABUR PURWOREJO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN SMK PENABUR PURWOREJO)
1620410018_BAB-I_VI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN SMK PENABUR PURWOREJO)
1620410018_BAB-II_SAMPAI_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Daimurahman. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan Kristen SMK Penabur Purworejo. Tesis. Yogyakarta: Magister Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di lembaga pendidikan Kristen SMK Penabur Purworejo dan apa faktor pendukung serta penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam di lembaga pendidikan kristen SMK Penabur Purworejo. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan sumber data narasumber dan dokumentasi. Sumber data dipilih secara purposive sampling yaitu dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan penelitian secara deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, trianggulasi, diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus negatif, dan member check. Penelitian ini menggunakan pendekatan interaksi edukatif, yaitu proses hubungan timbal balik (feed-back) yang sifatnya komunikatif antara guru dengan peserta didik yang dilakukan dengan sengaja dan direncanakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Penabur Purworejo dilaksanakan dengan model Contekstual Teaching and Learning, yaitu mengaitkan mata pelajaran dengan lingkungan sekitar. Dalam pelaksanaan pembelajaran diselingi dengan cerita nabi-nabi dan menulis kaligrafi yang merupakan kombinasi dari komponen modelling. Guru mengawali pelajaran dengan salam, membaca syahadat, membaca doa, menghafalkan asmaul husna serta menghafalkan surat-surat pendek. Faktor pendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Penabur Purworejo yaitu: pertama, adanya kurikulum 2013 yang menekankan peserta didik untuk aktif dan kreatif serta berahlak mulia. Kedua, terdapat kegiatan pengajian PHBI, yaitu peringatan idul adha, peringatan isro’ mi’roj dan kegiatan pesantren ramadhan. Ketiga, mayoritas peserta didik di sekolah tersebut beragama Islam sehingga dapat memperkuat ukhuwah Islamiah dan saling membantu antar umat Islam. Hambatan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Penabur yaitu: pertama, kurangnya ruang dan fasilitas pembelajaran PAI sehingga menghambat proses pembelajaran. Kedua, Lingkungan sekolah dan mayoritas Pendidik beragama non Islam. Ketiga, kurangnya dukungan dari keluarga dan masyarakat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sebagian besar peserta didik berasal dari keluarga yang kurang taat beragama

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Na’imah, M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran PAI, pendukung, hambatan.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2) > Hukum Bisnis Syari'ah
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Apr 2019 15:16
Last Modified: 30 Apr 2019 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum