MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA (NU) 1 PAGERAJI, CILONGOK, BANYUMAS, JAWA TENGAH

RIZKA ISNAWATI FAJRIN, NIM. 1620411074 (2018) MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA (NU) 1 PAGERAJI, CILONGOK, BANYUMAS, JAWA TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA (NU) 1 PAGERAJI, CILONGOK, BANYUMAS, JAWA TENGAH)
1620411074_BAB- I_ V_DAFTAR- PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA (NU) 1 PAGERAJI, CILONGOK, BANYUMAS, JAWA TENGAH)
1620411074_BAB- II_ sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR .pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa seiring dengan semakin menjamurnya madrasah-madrasah baik negeri ataupun swasta menunjukkan bahwa persaingan antar lembaga pendidikan semakin kompetitif. Meskipun madrasah menunjukkan perkembangan yang signifikan, namun animo masyarakat mengenai madrasah ibtidaiyah masih perlu ditingkatkan. Madrasah harus terus meningkatkan kualitasnya dan menjaga eksistensinya di masyarakat sehingga dapat bersaing dengan sekolah lain. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Subjek penelitian adalah seluruh pihak yang terlibat dalam pemasaran madrasah. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis model Miles Huberman yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan MI Ma’arif NU 1 Pageraji, Cilongok,Banyumas, Jawa Tengah dalam meningkatakan daya saing madrasah yaitu: pemasaran langsung yaitu: membuat buku, kalender dan brosur/baliho. Pemasaran tidak langsung melalui peran orang tua siswa dan alumni dan optimalisasi kegiatan madrasah di masyarakat. Kedua, implementasi manajemen pemasaran yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelakasanaan, pengawasan, strategi persaingan dan bauran pemasaran. Ketiga, dampak dari implementasi manajemen pemasaran yaitu meningkatnya jumlah peminat dari masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di MI Ma’arif NU 1 Pageraji, meningkatkan kualitas mutu dan menjadikan madrasah memiliki hubungan baik dengan masyarakat yang mengadakan kerjasama baik madrasah dengan masyarakat atau sebaliknya

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Erni Munastiwi, M.M
Uncontrolled Keywords: manajemen, pemasaran, daya saing, madrasah
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 May 2019 09:12
Last Modified: 06 May 2019 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34921

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum