INTERAKSI PEMBELAJARAN UNTUK MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI SAINS DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

HAYATURRAIYAN, NIM. 1620420005 (2019) INTERAKSI PEMBELAJARAN UNTUK MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI SAINS DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI PEMBELAJARAN UNTUK MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI SAINS DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
1620420005_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI PEMBELAJARAN UNTUK MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI SAINS DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
1620420005_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Kehidupan masyarakat terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Untuk menghadapi berkembangan zaman, seyogyanya para lembaga pendidik dan tenaga kependidikan dapat menumbuhkan budaya literasi sains sejak dari usia sekolah dasar (SD/MI), karena literasi sains hal yang penting untuk dimiliki oleh siswa untuk memahami lingkungan hidupnya. Dalam ranah pendidikan keterampilan literasi sains secara eksplisit diajarkan dalam mata pelajaran sains/IPA. Untuk mengoptimalkan keterampilan literasi sains yang diajarkan dalam mata pelajaran IPA, maka diperlukannya interaksi yang komunikatif antara guru dan siswa selama proses pembelajaran. Oleh karenanya interaksi yang komunikatif dalam pembelajaran sangat diperlukan untuk menumbuhkan budaya literasi sains. Salah satu sekolah yang mulai menerapkan budaya literasi sekolah adalah SD Negeri Demangan Yogyakarta selain itu interaksi dalam proses pembelajaran terlihat aktif. Oleh karena itu penelitian ini memiliki rumusan masalah diantaranya: (1) bagaimana budaya literasi sains di SD Negeri Demangan Yogyakarta. (2) bagaimana interaksi pembelajaran untuk menumbuhkan budaya literasi sains di SD Negeri Demangan Yogyakarta. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif studi kasus, yang berlokasi di SD Negeri demangan Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, kemudian menyajikan data, dan diakhiri dengan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber, dengan mengecek temuan dari hasil teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta mengecek temuan berdasarkan sumber utama penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) budaya literasi sains di SD Negeri Demangan Yogyakarta sudah mulai berjalan. (2) interaksi pembelajaran untuk menumbuhkan budaya literasi sains sudah terlihat dalam persiapan serta pelaksanaan proses interaksi pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Pembelajaran, Budaya Literasi Sains.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Sains
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 May 2019 10:34
Last Modified: 06 May 2019 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34922

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum