IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADIS DI MI MA’ARIF SEMBEGO, MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA.

Resma yuliana, NIM:1620420031 (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADIS DI MI MA’ARIF SEMBEGO, MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADIS DI MI MA’ARIF SEMBEGO, MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA.)
1620420031_Resma yuliana_BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADIS DI MI MA’ARIF SEMBEGO, MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA.)
1620420031_Resma yuliana_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadis di MI Ma‟arif Sembego, 2) Bagaimana penilaian pembelajaran pendekatan saintifik pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis di MI Ma‟arif Sembego, dan 3) Bagaimanakah problematika dalam implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadis di MI Ma‟arif Sembego. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Mi Ma‟arif Sembego, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Yogyakarta. Sumber data yang di pakai yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisoner. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa Langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik terdapat 2 tahap yaitu; pertama, tahap perencanaan diantaranya: menyiapkan RPP, menyiapkan sumber belajar serta menyiapkan media pembelajaran. Kedua, tahap pelaksanaan yang terdiri dari 5 langkah diantaranya mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Penilaian pada pembelajaran Al-Qur‟an Hadis yang dilakukan pendidik MI Ma‟arif Sembego dengan pendekatan saintifik meliputi 3 yaitu; pertama, penilaian pengetahuan berupa pemahaman konsep, prinsip, dan hukum dilakukan dengan tes tertulis. Kedua, penilaian sikap, melalui observasi saat siswa bekerja kelompok, bekerja individu, berdiskusi, maupun saat presentasi dengan menggunakan lembar observasi sikap. Ketiga, penilaian keterampilan, dilakukan melalui observasi saat siswa bekerja kelompok, bekerja individu, berdiskusi, maupun saat presentasi dengan menggunakan lembar observasi kinerja. Problematika pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dalam mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis di MI Ma‟arif Sembego, menghacu pada beberapa hal yaitu, pertama, problematika yang berhubungan dengan penguasaan dan pengembangan materi, kedua, problematika yang berhubungan dengan sarana dan prasarana khususnya kurangnya buku sumber bacaan peserta didik, ketiga, problematika yang berhubungan dengan perhatian pendidik saat berdiskusi, keempat, problematika yang berhubungan dengan media pembelajaran, kelima, problematika yang berhubungan dengan penilaian. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya problematika pembelajaran Al-Qur‟an hadis di MI Ma‟arif Sembego yaitu sebagai berikut; minat peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadis, faktor pendidik Al-Qur‟an Hadis, dan faktor fasilitas atau sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman ,S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: saintifik, Guru dan Al-Qur’an Hadis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI > Sains MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 May 2019 14:03
Last Modified: 06 May 2019 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34927

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum