PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA DI SEKOLAH INKLUSI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Siska Forensa, NIM: 14420041 (2019) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA DI SEKOLAH INKLUSI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA DI SEKOLAH INKLUSI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019)
14420041_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA DI SEKOLAH INKLUSI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019)
14420041_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didik tunanetra di sekolah inklusi MAN 2 Sleman dan apa saja yang menjadi faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pembelajarannya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan khasanah baru kepada semua pihak yang berkecimpung di pembelajaran bahasa Arab peserta didik tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data siswa kelas X dan kelas XI MAN 2 Sleman sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan kesimpulan dilakukan menggunakan deskriptifanalitik karena penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan filosofis fenomenologis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didik tunanetra di sekolah inklusi MAN 2 Sleman berjalan layaknya pembelajaran di madrasah pada umumnya. Peserta didik tunanetra tetap dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sama seperti peserta didik yang awas. Cukup baiknya pembelajaran yang terjadi karena faktor pendukung yaitu faktor internal dari peserta didik tunanetra itu sendiri seperti minat dan motivasi yang tinggi dalam belajar bahasa Arab serta faktor eksternal seperti interaksi yang baik antara guru dan peserta didik, penyampaian materi yang sesuai dari tenaga pendidik, lingkungan madrasah yang nyaman dan inklusif, dan adanya pendampingan dari guru pendamping khusus untuk peserta didik tunanetra. Namun masih ada beberapa kendala yang membuat lancarnya proses pembelajaran menjadi terhambat dan belum berjalan secara optimal. Faktor penghambat tersebut yaitu keadaan peserta didik yang beragam, ketidakmampuan tenaga pendidik dalam menggunakan huruf braille, kurangnya pembinaan terhadap guru mengenai pemberian layanan yang baik pada kelas inklusi, kurangnya SDM tambahan, terbatasnya fasilitas serta sarana dan prasarana penunjang belajar peserta didik tunanetra, dan minimnya biaya operasional untuk pemenuhan kebutuhan peserta didik tunanetra. Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Peserta Didik Tunanetra, Inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Adzfar Ammar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Arab, Peserta Didik Tunanetra, Inklusi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 May 2019 14:32
Last Modified: 22 May 2019 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34933

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum