EFEKTIVITAS METODE GRAMATIKA TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IX DI MTS NEGERI 1 KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Rohmatul Laili, NIM. 14420053 (2019) EFEKTIVITAS METODE GRAMATIKA TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IX DI MTS NEGERI 1 KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE GRAMATIKA TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IX DI MTS NEGERI 1 KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420053_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE GRAMATIKA TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IX DI MTS NEGERI 1 KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420053_BAB-II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Rohmatul Laili (14420053), "Efektivitas Metode Gramatika Tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IX Di MTs Negeri 1 Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2018/2019". Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab kelas IX MTs Negeri 1 Kabupaten Magelang dengan menggunakan metode gramatika tarjamah, dan mengetahui efektif tidaknya penggunaan metode gramatika tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IX MTs Negeri 1 Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kombinasi (mixed methods) yang menggabungkan dua metode analisis data yaitu kuantitatif dan kualitatif dan mengambil objek penelitian di MTsN Negeri 1 Kabupaten Magelang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode gramatika tarjamah yang telah diterapkan selama ini lebih banyak memfokuskan pada maharah qira’ah dan kitabah. Adapun hasil pengukuran efektivitas dapat dikatakan efektif, hal ini dapat dilihat dari persentase siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebesar 94%, dan ratarata nilai siswa 87,2. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Gramatika Tarjamah, Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Gramatika Tarjamah, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 May 2019 09:28
Last Modified: 14 May 2019 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34935

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum