PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS VIII (Studi Eksperimen di MTs N 5 Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/ 2019)

Zaidatur Rizkiyah, NIM: 14420062 (2019) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS VIII (Studi Eksperimen di MTs N 5 Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/ 2019). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS VIII (Studi Eksperimen di MTs N 5 Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/ 2019))
14420062_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS VIII (Studi Eksperimen di MTs N 5 Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/ 2019))
14420062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Zaidatur Rizkiyah. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Permaianan Edukatif Sebagai Peningkatan Penguasaan Mufradāt Siswa Kelas VIII (Studi Eksperimen di MTs N 5 Sleman Tahun Ajaran 2018/ 2019)”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan permainan edukatif dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya bingo kata, pindah gambar dan berburu kata dan ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mufradāt kelas kontrol dan kelas eksperimen siswa kelas VIII MTs N 5 Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2018/ 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun jenis penelitiannya adalah eksperimen. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan model pretest-posttest control group design. Obyek yang digunakan yaitu siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Adapun proses analisis data pada penelitian ini menggunakan uji “t”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan mufradāt kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pretest siswa kelas kontrol sebesar 53,00 dan kelas eksperimen sebesar 53,70. Rata-rata hasil posttest kelas kontrol sebesar 64,83 dan kelas eksperimen sebesar 75,70, terdapat perbedaan sebesar 10,87. Uji “t” posttest diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.00 (<0,05) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sehingga, permainan edukatif dapat dijadikan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan penguasaan mufradāt bahasa Arab. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Permainan Edukatif, Mufradāt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Bapak Adzfar Ammar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Permainan Edukatif, Mufradāt.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 May 2019 09:29
Last Modified: 14 May 2019 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum