IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A RA PERMATA HATI AL-MAHALLI BRAJAN PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Ucik Nurhayati, NIM : 13430045 (2019) IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A RA PERMATA HATI AL-MAHALLI BRAJAN PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A RA PERMATA HATI AL-MAHALLI BRAJAN PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
13430045_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A RA PERMATA HATI AL-MAHALLI BRAJAN PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
13430045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah permainan tradisional yang sudah mulai di lupakan oleh anak-anak di era modern. Permainan tradisional berperan penting dalam mengembangkan sosial emosional pada anak usia dini. Namun kenyataannya masih terdapat contoh kondisi yang menunjukkan rendahnya perkembangan sosial emosional yang terjadi di lingkungan sekolah dan lingkungan rumah. Permainan tradisional tentu mendorong anak didik untuk mengembangkan sosial emosional. Permainan tradisional di sekolah mempunyai pengaruh terhadap sikap di sekolah maupun di rumah. Di RA Permata Hati Al-Mahalli dalam bermain permainan tradisional untuk mengembangkan sosial emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan permainan tradisional, kondisi perkembangan sosial emosional, dan implemenasi permainan tradisional dalam mengembangkan soaial emosional anak usia dini di RA Permata Hati Al-Mahalli Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang RA Permata Hati Al-Mahalli Yogyakarta. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan pada anak didik di kelas A, wawancara dengan Kepala Sekolah, Pendidik, Wali Murid dan dokumentasi di RA Permata Hati Al-Mahalli Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, selanjutnya ditarik kesimpulan. Kemudian untuk pemeriksaan/pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triagulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan permainan tradisional untuk mengembangkan sosial emosional peserta didik pada saat bermain. (2) program yang dilakukan lembaga pendidikan di RA Permata Hati Al-Mahalli Yogyakarta berkaitan dengan bermain permainan tradisional dalam mengembangkan sosial emosional adalah melakukan pembiasaan berkomunikasi saat bermain, bekerjasama dalam bermain, memodifikasi permainan, serta mampu mengembangkan sosial emosional anak didik agar bersikap dengan baik dengan orang yang lebih tua, teman sebaya, maupun dengan yang berusia lebih muda daripada anak didik. Perkembangan sosial emosional yang sudah dicapai lebih daripada anak dapat dilihat melalui indikator perkembangan sosial emosional yang telah diterapkan. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di RA Permata Hati Al-Mahalli

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suismanto, M.
Uncontrolled Keywords: permainan tradisional, perkembangan sosial emosional, anak usia dini.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 May 2019 13:42
Last Modified: 13 May 2019 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum