UPAYA GURU MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI ANAK TERHADAP ORANGTUA MELALUI METODE BERKISAH KISAH NABI ISMAIL DI SATUAN PAUD SEJENIS (SPS) MAWAR KALASAN KELAS KUPU-KUPU (USIA 4-5 TAHUN)

NUR LAILA MUKARROMAH, NIM. 14430086 (2019) UPAYA GURU MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI ANAK TERHADAP ORANGTUA MELALUI METODE BERKISAH KISAH NABI ISMAIL DI SATUAN PAUD SEJENIS (SPS) MAWAR KALASAN KELAS KUPU-KUPU (USIA 4-5 TAHUN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI ANAK TERHADAP ORANGTUA MELALUI METODE BERKISAH KISAH NABI ISMAIL DI SATUAN PAUD SEJENIS (SPS) MAWAR KALASAN KELAS KUPU-KUPU (USIA 4-5 TAHUN))
14430086_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI ANAK TERHADAP ORANGTUA MELALUI METODE BERKISAH KISAH NABI ISMAIL DI SATUAN PAUD SEJENIS (SPS) MAWAR KALASAN KELAS KUPU-KUPU (USIA 4-5 TAHUN))
14430086_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena akhlak terpuji anak terhadap Orangtua pada kelas Kupu-kupu SPS Mawar Kalasan masih rendah sehingga diperlukan metode untuk memberikan stimulus pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan akhlak terpuji anak terhadap Orangtua melalui metode berkisah kisah Nabi Ismail dengan subjek sejumlah 10 anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) model Kemmis dan MC Taggart dengan menggunakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi tindakan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan akhlak terpuji anak terhadap Orangtua sebelum tindakan mencapai sebesar 0% pada kategori berkembang sesuai harapan (berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik) dari jumlah anak dan meningkat menjadi sebesar 20% pada siklus I. Pada siklus II yang mencapai pada kategori kategori minimal berkembang sesuai harapan (berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik) mengalami peningkatan sebesar 50% menjadi 70% dari jumlah anak. Selanjutnya, pada siklus ketiga meningkat sebesar 20% menjadi 90% dari jumlah anak. (2) Penerapan metode berkisah Kisah Nabi Ismail di kelas Kupu-kupu SPS Mawar terbukti dapat meningkatkan akhlak terpuji anak terhadap Orangtua. Pelaksanaan metode berkisah berhasil meningkat dimana pada siklus I mencapai kategori rendah, meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II dan siklus III meningkat menjadi kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohinah, S.Pd., M.A
Uncontrolled Keywords: Akhlak Terpuji Anak Terhadap Orangtua, Metode Berkisah
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 May 2019 08:36
Last Modified: 14 May 2019 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35001

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum