ANALISIS ASPEK PERKEMBANGAN DALAM PROGRAM MARKET DAY PADA KELOMPOK TK B DI TK KHALIFAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA

RIRIN DWI WIRESTI, NIM. 15430015 (2019) ANALISIS ASPEK PERKEMBANGAN DALAM PROGRAM MARKET DAY PADA KELOMPOK TK B DI TK KHALIFAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (ANALISIS ASPEK PERKEMBANGAN DALAM PROGRAM MARKET DAY PADA KELOMPOK TK B DI TK KHALIFAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
15430015_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img]
Preview
Text (ANALISIS ASPEK PERKEMBANGAN DALAM PROGRAM MARKET DAY PADA KELOMPOK TK B DI TK KHALIFAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
15430015_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti terhadap dibukanya Pasar Dagang Internasional ASEAN kita dituntut untuk lebih aktif, kreatif, menciptakan sesutu yang bernilai jual. Jika tidak pasar yang ada di indonesia akan dipenuhi dengan barang dari luar negeri. Untuk itu penting sekali mengembangkan jiwa entrepreneurship anak sejak dini salah satunya dengan Program Kegiatan Market Day. Mengingat kecerdasan financial tidak berbanding lurus dengan kecerdasan akademik. Dalam suatu kegiatan pasti terselip aspek perkembangannya, maka dari ini peneliti ingin membedah aspek perkembangan apa saja yang terdapat dalam kegiatan market day tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data kepala sekolah, wali kelas TK B. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data menggunaka teknik triangulasi. Penelitian ini tidak lain adalah untuk mengkaji program kegiatan market day dalam aspek perkembangan anak. Dengan tujuan untuk mengetahui aspek perkembangan apa saja yang terselip di dalam program kegiatan market day dan aspek perkembangan apa yang paling dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program market day mencakup semua aspek perkembangan dengan persentase Nilai-nilai Agama dan Moral 11,12%, Sosial-Emosional 14,98%, Bahasa 8,21%, Kognitif 11,59%, Fisik- Motorik 3,38%, dan Seni 7,73%. (2) Aspek yang paling dominan adalah perkembangan Sosial-Emosinal dengan 31 ceklis dari 207 poin ceklis jika dirubah ke persen setara dengan 14,98%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Market Day, Kecedasan, Financial, Anak, Wirausah
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 May 2019 11:10
Last Modified: 14 May 2019 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35005

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum